Home > Sosial > Makam Pahlawan Kabanjahe Tak Terawat

Makam Pahlawan Kabanjahe Tak Terawat

Makam Pahlawan Kabanjahe jadi tempat pembuangan sampah (Andalas)

Danru Provost Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Karo, Martins Pelawi, prihatin dengan kondisi Makam Pahlawan Kabanjahe, yang dibiarkan telantar. Keadaannya jorok dan sampah menumpuk, bangunan gapura bagian atas bolong dibiarkan begitu saja. Parahnya, lokasi makam dijadikan tempat bolos dan ngelem anak-anak sekolah.

“Padahal baru saja bangsa ini memperingati detik-detik Proklamasi Dirgahayu RI ke-67. Apa kita tidak risih melihat kondisi Makam Pahlawan Kabanjahe, kesannya tidak ada yang merawat dan mengurusnya,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, Minggu (26/8) di Kabanjahe.

Dikatakan, dari luar sepintas kondisi Makam Pahlawan kelihatan cantik, tapi di dalam berserak sampah. “Bahkan sampah menumpuk sekitar lima titik. Sisa-sia botol minuman tuak banyak di bawah gapura,” lontarnya kecewa.

Bahkan anak-anak punk pernah didapatinya tidur di atas gapura, tanpa memedulikan keasrian Makam Pahlawan. Belum lagi anak-anak sekolah yang sering bolos maupun yang suka ngelem menjadikan lokasi bagian dalam Makam Pahlawan sebagai tempat nongkrong dan menjalankan aksinya.

“Demikian juga para pedagang yang menjadikan halaman parkir sebagai tempat menjalankan usahanya, tanpa sedikitpun merasa risih terhadap kondisi Makam Pahlawan,”kecamnya.

Setelah pihaknya melakukan razia rutin secara dadakan di lokasi Makam Pahlawan, akhirnya sekarang tidak ada lagi anak-anak sekolah yang kedapatan ngelem maupun bolos sekolah. Kami bersama teman-teman Provost PPM sering melakukan razia, khususnya di malam minggu.

Demikian juga para pedagang tidak ada lagi yang berani berjualan di lokasi parkir, tapi para pedagang tetap saja membandel dengan menggelar dagangannya memanfaatkan trotoar sebagai tempat berjualan.

“Apakah begini cara kita menghargai dan menghormati arwah para pejuang dan pahlawan daerah ini? Di mana lagi nasionalisme yang kita banggakan dulu. Sudah sedemikian parahkan moral anak bangsa ini. Di mana makna hari kemerdekaan itu,” tanyanya.

Lebih jauh Martin mengatakan, banyak yang mengaku-ngaku anak dan cucu pejuang, tapi sayangnya sedikitpun tidak ada kepeduliannya terhadap kondisi Makam Pahlawan. Saya tantang mereka yang sering mengaku-ngaku anak dan keluarga pejuang untuk peduli terhadap Makam Pahlawan Kabanjahe yang hanya ada dua di Indonesia setelah Surabaya.

Di sisi lain, selama ini Provost PPM sering melakukan razia dan pembersihan Makam Pahlawan tanpa ada bantuan dari pihak manapun, termasuk instansi terkait, seperti Dinas Sosial maupun Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Karo.

Pihaknya murni melakukan dengan hati nurani dan jiwa PPM. Hanya kami minta, kepada seluruh elemen masyarakat Karo, khususnya generasi muda, tolong hormati dan hargai pusara para pejuang dan pahlawan yang dimakamkam di Makam Pahlawan Kabanjahe. Kita sudah sepakat, bangsa yang besar bangsa yang menghargai dan menghormati para pejuang dan pahlawannya.”Jangan sekadar kata, tapi buktikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

Tidak kalah pentingnya, imbau Martins, instansi terkait pemerintah agar memperhatikan, merawat dan memperindah kondisi Makam Pahlawan. Jika instansi terkait kreatif, Makam Pahlawan Kabanjahe layak ‘dijual’ sebagai objek wisata sejarah.

“Membuktikan betapa dulu heroiknya perjuangan tanpa kenal takut dari para pejuang dan pahlawan dalam merebut dan mempertahankan NKRI, khususnya Tanah Karo dari genggaman Belanda dan Jepang,” tutupnya.(Andalas)

About these ads
Categories: Sosial Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,998 other followers

%d bloggers like this: