Home > Pemerintahan > LPJ Bupati Karo Mulus Tanpa Gangguan Dewan

LPJ Bupati Karo Mulus Tanpa Gangguan Dewan

Gedung DPRD Karo (dok)

DPRD Karo terima laporan pertanggung jawaban Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Surbakti atas pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2011, melalui sidang paripurna dewan, Senin (8/10) di ruang rapat paripurna dewan. Sebelumnya santer diisukan DPRD Karo akan menolak LPj Bupati Karo.

Sidang paripurna dengan agenda sidang pendapat akhir fraksi DPRD Karo atas Ranperda, tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Karo Tahun anggaran 2011 dan laporan pimpinan gabungan Komisi, dihadiri 26 dari 35 anggota dewan dipimpin ketua DPRD Karo Efendy Sinukaban SE, didampingi kedua wakilnya Ferianta Purba SE dan Onasis Sitepu ST, berjalan mulus.

Paripurna dewan kali ini cukup mendapat perhatian pengunjung sidang atas hadirnya seratusan supir truk dolomit asal Kecamatan Tiga Nderket Kabupaten Karo bersama sejumlah LSM, yang akhir-akhir ini sering melakukan aksi demo.

Kehadiran para supir truk dolomit dengan sejumlah LSM di Karo itu tidak membuat proses sidang paripurna dewan terganggu, meski kehadiran mereka sempat menimbulkan kekhawatiran petugas. Dengan hadirnya sejumlah petugas kepolisian Polres Karo dan Satpol PP Pemkab Karo paripurna dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga penandatangan kesepakatan.

Sebelum sidang berlangsung pihak keamanan dari aparat kepolisian Polres Karo dan Satpol PP Pemkab Karo sempat beradu argumen dengan seratusan warga yang ingin mengikuti berlangsungnya paripurna dewan. Meski situasi sempat memanas beberapa saat. Namun keadaan dapat segera teratasi, setelah dengan tertib para warga yang mengaku sebagai supir truk dolomit diizinkan memasuki ruangan sidang paripurna dewan.

Sidang yang dimulai pukul 12.55 WIB dan berakhir pukul 15.15 WIB, secara bergantian 7 fraksi di DPRD Karo menyampaikan pendapat akhirnya. Di antaranya Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Sejahtera Indonesia Bersatu, Fraksi PAN, Fraksi PKPB, Fraksi Karo Bersatu dan Fraksi Pijer Podi.

Mengawali pendapat fraksi DPRD Karo, Masdin Ginting sebagai juru bicara Fraksi PDI Perjuangan menyebutkan fraksinya memahami jawaban Bupati Karo atas apa yang di pertanyakan F PDIP dalam pandangan fraksi atas nota pengantar keuangan Ranperda tentang pertanggungjawaban APBD tahun anmggaran 2011 menyangkut soal galian C terutama potensi dolomit, pajak hotel dan pajak restoran di daerah ini.

Sedangkan, Fraksi Partai Golkar melalui juru bicaranmya Inganta S Kembaren SH menyinggung soal keberadaan PT Merek Indah Lestari (PT MIL) di Kecamatan Merek yang hingga saat ini perusahaan tersebut belum memiliki izin remi dari pemerintah. Namun, sudah melakukan kegiatan operasionalnya sebagai daerah tujuan wisata.

Selanjutnya, pendapat akhir Fraksi PKPB yang disampaikan Eka Jaya Sitepu mengimbau setiap SKPD di lingkungan Pemkab Karo supaya dapat lebih cermat dan lebih matang lagi dalam penyusunan dan penyerapan anggaran, sehingga dana yang sudah ada dapat benar-benar di gunakan untuk kemakmuran masyarakat.(Andalas)

About these ads
Categories: Pemerintahan Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,999 other followers

%d bloggers like this: