Home > Uncategorized > 4.312 Siswa Harap-harap Cemas

4.312 Siswa Harap-harap Cemas

Ilustrasi UN (cookingareas.com)

Sebanyak 4.312 siswa sekolah menengah atas di Tanah Karo dipastikan harap-harap cemas menantikan kelulusan yang akan diumumkan pada Mei mendatang.

Menurut data yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Karo jumlah siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN) sebanyak 3.044 siswa SMA/MA dan 1268 siswa SMK. Bidang Humas Dinas Kominfo dan PDE Karo merilis, terkait soal dan lembar jawaban yang dikirimkan provinsi telah diterima dan didistribusikan ke 27 sekolah yang mengikuti UN. Berdasarkan laporan hingga saat ini, pelaksanaan hari pertama UN di Karo berjalan aman dan lancar.

Untuk menghindari kecurangan dalam pelaksanaan ujian serta memperlancar kenyamanan dalam pelaksanaan ujian, setiap ruangan hanya di isi 20 peserta saja dan diawasi dua pengawas yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain itu, Pelaksanaan UN di semua sekolah di Karo juga dipantau langsung tim independen dari lembaga perguruan tinggi negeri dari Sumatera Utara.

SMAN 2 Kabanjahe dipantau tim dari Unimed sedangkan di SMAN 1 dari USU. Samantuah Purba pemantau dari Unimed menyatakan hasil pemantauannya pada hari pertama pelaksanaan UN di SMAN 2, berjalan aman dan lancar. Soal ujian dan lembar jawaban lengkap, apalagi mengingat hari pertama pelaksanaan UN merupakan hari penentu. “Jika hari pertama dapat berjalan aman, tertib dan lancar maka kemudian harinya pelaksanaan ini biasanya otomatis akan berjalan seperti hari biasa,” ungkapnya.

Selain adanya tim pemantau independen, untuk pengamanan jalannya UN dan pendistribusian naskah ujian serta lembar jawaban ujian turut serta mengawasi aparat keamanan dari Kepolisian Resor Tanah Karo. Para aparat ini mengamankan jalannya ujian menggunakan pakaian sipil dengan tujuan untuk membuat para siswa tidak merasa ketakutan.

Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti yang memantau pelaksanaan ujian di SMAN 1 dan SMAN 2 mengatakan kedatangannya ini untuk memotivasi para siswa yang mengikuti UN. Apalagi para siswa ini merupakan generasi muda yang kelak akan membangun Tanah Karo Simalem.

Lebih lanjut Bupati Karo menyatakan para siswa ini yang nantinya setamat dari SMA akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Jawa dan mungkin bahkan ke luar negeri. Diharapkan para siswa ini kalau sudah pintar mau kembali ke Karo supaya bisa membangun Tanah Karo Simalem. “Kembalilah ke Karo kalau suda pintar, supaya bisa maju daerah kita ini” tuturnya.(karokab.go.id)

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: