Home > Ekbis > DAU Karo Terancam Tak Cair

DAU Karo Terancam Tak Cair

Logo Kabupaten Karo

Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 25% dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Karo terancam tidak cair alias ditunda. Pasalnya hingga Kabupaten tak kunjung menyelesaikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumut, Nurdin Lubis menambahkan pihaknya sudah tiga kali menyurati Kabupaten Karo. Selain itu, Biro Keuangan Pemprov Sumut juga tetap mengevaluasi dengan jemput bola.

“Sanksi dari pemerintah pusat. Sudah ada ketentuan, kalau terlambat, DAU-nya ditunda. Tapi kalau kemudian mereka tidak bisa melaksanakan yang tertunda itu, artinya sama dengan dipotong, akan dibawa ke 2013, tidak terserap,” ungkap Sekda usai acara jamuan makan siang bersama para duta besar di Gubernuran, kemarin.

Selain Karo, Kabupaten Padanglawas juga mengalami hal yang sama. Sekda mengaku tidak tahu persis di mana kendala yang dihadapi kedua daerah itu. “Kalau kendala itu yang tahu persis mereka. Tapi dari hasil monitoring kami, memang ada yang dari bupatinya belum selesai. Saya tidak tahu persis bagaimana masalah mereka,” ujarnya.

Disinggung mengenai adanya ketidakharmonisan antara pihak legislatif dan eksekutif di dua daerah tersebut, Sekda mengatakan, “Saya pikir tak boleh terjadi ada hal seperti itu. Artinya, kalau bupati dengan DPRD satu persepsi, bahwa ini untuk kepentingan masyarakat, maka hal-hal semcam itu harus dikesampingkan. Rohnya Pemda itu kan APBD, jadi kalau tidak ada rohnya, mati semua kan,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho mengatakan pihaknya akan memberi perhatian serius pada Kabupaten Karo dan Padang Lawas (Palas). “Di hari otonomi daerah (otda) besok, akan kita pertegas itu,” ujar Gatot.

Gatot menuturkan, tidak selesainya APBD sejatinya akan merugikan daerah itu sendiri. Karena peran Pemerintah Provinsi (Pemprov) adalah melakuklan koordinasi. Begitu pun, Gatot akan memberikan perhatian serius terhadap hal ini.

Seperti diketahui, ada enam pemerintah daerah (pemda) yang belum menyerahkan draf APBD ke pemerintah pusat karena lamanya pembahasan dengan DPRD. Alhasil, enam daerah tersebut akan mengalami pemotongan 25 persen pada anggaran dana alokasi umum (DAU). Dari enam daerah tersebut, salah satunya adalah Kabupaten Karo, Sumatera Utara.(waspada.co.id)

Categories: Ekbis
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: