Home > Pendidikan > Didemo, Kepala Sekolah di Lingga Julu Mundur

Didemo, Kepala Sekolah di Lingga Julu Mundur

Ilustrasi Sekolah Dasar (mikebotak.blogspot.com)

Merasa keberatan dengan adanya dugaan pungutan liar (pungli) dana bantuan siswa miskin (BSM) yang diduga dilakukan Jafar Sinulingga (JS), Kepala SD 040470 Lingga Julu, Kecamatan Simpang Empat, sekitar 80-an orangtua murid mendatangi sekolah tersebut menuntut yang bersangkutan mengundurkan diri, Selasa (15/5).

Dalam orasinya, Radu Cio Girsang (48) mewakili orangtua murid, mempertanyakan bagaimana proses penerimaan BSM sesuai peraturan dan mengapa murid yang orangtuanya pengusaha (mampu dalam ekonomi) juga terdata sebagai penerima BSM. “Dan kenapa pula pergantian ketua komite sekolah itu tidak mengikutsertakan pihak orang tua murid,” kecamnya.

Menyahuti tuntutan puluhan sejumlah orang tua itu, Kepsek SD 040470 Lingga Julu, Jafar Sinulingga mengatakan dirinya bersedia mengembalikan uang sebesar Rp 100 ribu yang pernah dipungut. “Saya akan kembalikan seluruh uang tersebut,”tegasnya.

Mendapat jawaban dari kepala sekolah itu, secara spontan puluhan orangtua emosi dan berteriak, minta Jafar Sinulingga segera mungundurkan diri. Bukan uang yang mereka butuhkan, tapi kepala sekolah sudah curang dengan melakukan pungli. Dan, sebagai pendidik, tidak becus melaksanakan tugas.

“Selain ada penyimpangan dalam penyaluran BSM, Jafar Sinulingga selama ini, juga memberikan izin kepada guru untuk melakukan pungutan terhadap murid dengan alasan aksi menabung dan uang olah raga,” terik para orangtua dengan suara keras.

Merasa terdesak, akhirnya dengan perasaan sedih, Kepala SD 040470, Jafar Sinulingga menyatakan, dia akan mengundurkan diri. “Baiklah, saya mengundurkan diri,”ujar Jafar di hadapan puluhan orang tua murid, Kepala KUPTD Mesim Ginting dan Kabid TK/SD Kabupaten Karo, Nurjunila Br Ginting.

Terpisah, Kepala BKD Pemkab Karo Drs Kawar Sembiring MSi melalui telepon selularnya mengatakan surat pengunduran Jafar Sembiring belum ada diterimanya. “Soal pengunduran diri itu, prosesnya terlebih dahulu harus melalui persetujuan Dinas Pendidikan Kabupaten Karo,”jawabnya. (Harian Andalas)

Advertisements
Categories: Pendidikan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: