Home > Infrastruktur > Pemkab Karo Ditenggat Lunasi Listrik Akhir Mei

Pemkab Karo Ditenggat Lunasi Listrik Akhir Mei

PLN Kabanjahe memberikan batas waktu Pemkab Karo untuk melunasi tunggakan rekening listrik sebesar Rp3,5 miliar hingga akhir bulan ini.

Seperti diketahui Pemkab Karo telah menunggak selama lima bulan, terhitung sejak Desember 2011 hingga April 2012. Jumlah tersebut meliputi pembayaran listrik sekretariat  kantor Bupati Karo, Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), Gedung DPRD,  serta kantor instansi pemerintah di 17 kecamatan yang ada.

“Kami sudah menanyakan masalah tersebut kepada Pemkab Karo.  Jawaban dari Pemkab Karo, mereka akan segera  melunasi rekening terhutang, jika APBD sudah  selesai,” ujar Kepala Cabang PLN Kabanjahe, Tetty Tambunan,  Kamis (17/5) melalui telepon selularnya.

Jika lewat tenggang waktu, maka tidak tertutup kemungkinan akan dilakukan pemutusan jaringan listrik. “Batas  toleransi karena APBD belum selesai (evaluasi pemerintah,red) kami beri hingga akhir bulan ini. Namun jika APBD sudah selesai tunggakan belum juga dibayarkan, dengan terpaksa jaringan kami putus,” ungkap Tetty.

Kabid Humas Pemkab Karo sebelumnya menjelaskan, tunggakan disebabkan keterlambatan   pengesahan APBD Kabupaten Karo. Namun jika evaluasi pemerintah atasan sudah selesai dan turun ke Karo, pihaknya segera melunasinya.

Wakil Ketua DPRD Karo Ferianta Purba saat dihubungi mengatakan ke depannya kedua belah pihak (Pemkab Karo-PLN) harus lebih transparan. Dengan begitu persoalan seperti ini tidak berlarut-larut.  Terkait kendala APBD, sesuai keterangan politisi muda asal Partai Golkar ini, pihaknya sudah melakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin, mengingat keterlambatan pengajuan oleh  eksekutif.

“Sekarang bukan saatnya menyalahkan satu sama lainnya. Mari cari solusi. Pemkab juga mungkin punya saldo di PLN terkait Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU).  Dana itu bisa diawali untuk pembayaran.  Sisanya menyusul setelah APBD selesai,” ujar Feri. (Sumut Pos)

Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: