Home > Pertanian > Citcit Musuh Besar Petani Jeruk

Citcit Musuh Besar Petani Jeruk

Jeruk Karo (medanbisnisdaily.com)

Lalat buah menjadi musuh terbesar  petani  karo saat ini, gagal panen pada musim pertama  membuat para petani jeruk khawatir  terulang pada musim panen kedua tahun ini.

Hal ini disebabkan para petani belum mampu menemukan insektisida yang ampuh menjauhkan tanaman jeruk dari serangan Bactocera atau lalat buah yang kerap disebut Citcit.

Petani jeruk Karo sangat berharap pemerintah setempat dapat membantu menemukan Agen Hayati yang mampu memberantas serangan lalat buah hingga ke pada ambang ekonomi. Artinya menemukan insektisida cara yang tepat membantu para petani menghindari gagal panen.

Roni Bukit SP salah seorang petani  jeruk Karo didampangi rekannya petani jeruk lainnya Juna Arif ST mengatakan, faktor utama petani jeruk gagal panen adalah lalat buah. Dimana efek yang diakibatkan lalat ini, jeruk berjatuhan sebelum masa panen.

Menurut keterangan Rony dan Jun sebelumnya Citcit hanya menyerang jeruk yang sudah menguning saja, tetapi sekarang Citcit juga  menyerang buah yang masih kecil atau masih hijau. Mereka mengatakan perlu kiranya perhatian khusus. (Sumut Pos)

Categories: Pertanian
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: