Home > jalan-jalan > Rumah Adat Karo Favorit Wisatawan Jerman

Rumah Adat Karo Favorit Wisatawan Jerman

Rumah adat Karo (flickr.com)

Tanah Karo menjadi salah satu daerah di Sumatera Utara yang diminati wisatawan asal Jerman dengan alasan banyak objek wisata bersejarah.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumatera Utara, Solahuddin Nasution, di Medan, Senin, mengatakan wisatawan asal Jerman pada umumnya memang menyukai objek wisata yang mengandung sejarah dan juga alam yang penuh tantangan.

Karo dinilai Jerman salah satu daerah yang memiliki hal tersebut seperti Rumah Lingga di Kabupaten Karo. Selain itu adapula Barus, Tapanuli Tengah yang disebut-sebut sebagai pintu masuk pertama kalinya agama-agama besar ke Indonesia, Bukit Lawang dan Tangkahan di Langkat yang alamnya masih memiliki tantangan.

Meski jumlah wisatawan asal Jerman itu masih jauh di bawah kedatangan turis Malaysia, tetapi biasanya lama tinggal turis Jerman lebih lama. Para turis itu suka menjelajahi tempat-tempat bersejarah dan alam yang penuh tantangan yang dipastikan membutuhkan waktu lebih lama.

“Yang lebih bagus lagi, biasanya orang Jerman itu suka berulang atau datang lagi ke Sumut meski di tahun yang berbeda. Jadi sebenarnya potensi turis asal Jerman itu cukup besar,” katanya.

Pemerintah Provinsi Sumut maupun pemerintah kota/kabupaten yang memiliki objek wisata bersejarah dan alam yang memiliki kekhasan itu harusnya bisa merawat tempat wisata itu. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Suharno, menyebutkan, pada triwulan I 2012, memang hanya wisatawan asal Jerman dan Australia yang mengalami peningkatan kedatangan, selebihnya mengalami penurunan.

Jumlah kunjungan wisatawan dari Jerman pada triwulan I 2012 naik 17,30 persen atau mencapai 773 orang dari periode tahun lalu yang masih 659 orang. Kunjungan yang meningkat itu terlihat sejak Januari, di mana Februari sudah mencapai 243 orang dan naik lagi menjadi 317 orang di Bulan Maret. (Antara)

Categories: jalan-jalan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: