Home > Infrastruktur > Warga Lau Cimba Swadaya Perbaiki Jalan

Warga Lau Cimba Swadaya Perbaiki Jalan

Ilustrasi jalan rusak (antarasumut.com)

Kerusakan badan jalan Gang Kembang yang berada di Jalan Kota Cane, Kelurahan Lau Cimba, Kabanjahe terpaksa diatasi secara swadaya oleh warga yang berdomisili di sana. Tindakan ini terpaksa dilakukan karena jalan yang persis di pinggir kota tersebut tidak pernah tersentuh perawatan selama kurang lebih 17 tahun oleh Pemkab Karo.

Keteledoran Pemkab Karo sepertinya mengundang “Otonomi Gang” yang berdampak meresahkan dan merugikan warga. “Kami tidak bisa berbuat banyak. Kami terpaksa bertindak sendiri karena jalan menuju rumah kami ini hampir 17 tahun tidak tersentuh perbaikan,” ujar Sembiring (60) ketika memperbaiki gang tersebut, Sabtu (19/5).

Seingat Sembiring, sejak zaman kemerdekaan baru sekali badan jalan yang panjangnya sekitar 800 m dengan lebar 3 m tersebut diperbaiki Pemkab Karo. Namun, ketika disinggung apakah tidak pernah berkoordiansi dengan kepala lorong (Keplor) untuk mengajukan perbaikan jalan pada musrenbang kecamatan, dia justru kebingungan.

Menurut pengakuannya, PNS Kabupaten Karo dari jajaran kelurahan dan PUD Karo sering berlalu lalang di jalan yang hancur tersebut. “Mereka pemerintah yang berkait sering lewat dari sini. Harusnya merekalah yan memberikan pemahaman bagi warga. Jangan karena kami warga yang kurang paham peraturan justru dibodoh-bodohi. Kalau masalah biaya material dan tenaga kami untuk memperbaiki jalan ini sudah kami ikhlaskan,” ujarnya dengan logat Karo.

Pantauan di lokasi, para warga Gang Kembang yang didominasi kaum laki-laki sangat bersemangat memperbaiki jalan yang sudah rusak parah. Tampak ada yang menyususn batu dan sebagian warga menyirami tanah gunung pada permukaan batu yang sudah disusun di badan jalan yang rusak dengan menggunakan sorong roda satu. (Harian Andalas)

Advertisements
Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: