Home > Infrastruktur > Air PDAM di Kabanjahe Hanya Mengalir 6 Jam Sehari

Air PDAM di Kabanjahe Hanya Mengalir 6 Jam Sehari

Kabanjahe (nersjurnalis.blogspot.com)

Pendistribusian air bersih oleh PDAM Tirta Malem ke pelanggan di Kecamatan Kabanjahe hanya 6 jam dalam sehari.

Plt Dirut PDAM Tirta Malem Esra Tarigan mengatakan persoalan distribusi ini terjadi volume air yang sangat sedikit. Karena itu masyarakat Karo yang bermukim di Kabajahe banyak membeli air dari sumur bor setiap harinya.

“Selain itu, kurang anggaran terhadap operasional PDAM Tirta Malem, membuat motor penggerak air yang sudah tua di beberapa titik sumber air tidak dapat diganti. Jadinya pelayanan terhadap pelanggan tidak maksimal,” ujarnya kepada Wartawan, di kantornya, Rabu (25/5).

Esra menerangkan efesiensi yang sekarang dilakukan dengan tujuan perbaikan pengelolaan air sedikit banyaknya telah terjawab. Tunggakan hutang listrik PDAM Tirta Malem sebagai contoh, sudah diselesaikan secara berkala. Pihaknya mempekerjakan 60-an karyawan hasil perampingan. Saat ini pihaknya memfokuskan penanganan distribusi dan pelayanan lainnya di Kota Kabanjahe.

Menyikapi masalah ini Bupati Karo Kena Ukur Surbakti mengatakan pihaknya akan menenaikkan volume waktu salur dari pipa induk kepada konsumen. Saat ini sedang diupayakan penggantian pipa yang sudah berusia tahunan di Lau Berneh dan Lau Bawang.

Selain perbaikan jaringan, instrumen lain yang harus dikedepankan adalah peningkatan pelayanan, dalam bentuk penyediaan tenaga tenaga kerja yang mampu bekerja secara tepat. Pengurangan karyawan yang telah dilakukan, sambungnya, tidak akan berpengaruh pada hasil akhir program pemantapan distribusi air yang selama ini banyak dikeluhkan masyarakat.

“Kami sadar betul akan warisan masalah di PDAM Tirta Malem yang telah akut. Namun kebutuhan terhadap air sangatlah penting sehingga dibutuhkan langkah-langkah perbaikan dengan memanfaatkan modal yang ada, hasil dari retribusi air yang diberikan konsumen,” ujar Bupati. (Sumut Pos)

Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: