Home > Ekbis > Cuaca Ekstrem Lambungkan Harga Jeruk Karo

Cuaca Ekstrem Lambungkan Harga Jeruk Karo

Jeruk Karo (Antara Sumut)

Cuaca ekstrem yang melanda Kota Medan dan sekitarnya akhir-akhir ini membuat harga jeruk yang dipanen di daerah Berastagi naik. Hal itu diungkapkan Beni, salah satu pedagang jeruk pada Selasa (22/5) di Pasar Petisah.

Kenaikan harga jeruk berkisar Rp2.000-Rp3.000 per kilogram. “Sebelumnya harganya berkisar Rp10.000/kilogram, tapi sudah beberapa hari ini harganya kita naikan jadi Rp12.000/kilogram. Namun ada juga yang menaikkan harganya hingga Rp3.000/kilogram,” ungkapnya.

Aldi, pedagang jeruk lainnya juga mengatakan hal sama. Jeruk yang ia ambil dari Berastagi ia jual seharga Rp13.000/kilogram. “Tergantung jeruknya, kalau cantik kita jual Rp13.000/kilogram, tapi kalau kurang bagus kita jual Rp12.000/kilogramnya,” jelasnya.

Baik Beni dan Aldi menjelaskan kenaikan harga memang sudah ditentukan dari petani jeruk. “Yang naikkan harga bukan kita tapi dari sana (Berastagi), kalau di sana naik kita juga naikkan harganya,” lanjut Beni.

Menurut penuturan mereka, kenaikan harga jeruk dikarenakan curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini. “Sekarang kan curah hujan lagi tinggi. Biasanya kalau musim hujan biaya produksinya jadi semakin tinggi,” ucapnya Beni.

Kenaikan harga membuat pembeli jeruk berkurang. Biasanya pembeli memilih buahan-buahan lain yang manfaatnya sama namun dengan harga yang lebih murah. “Kalau harganya mahal pembeli juga kurang. Soalnya masih banyak pilihan buah lain,” keluh Beni dan Aldi. (Medan Bisnis)

Advertisements
Categories: Ekbis
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: