Home > hukum > Mafia Kayu Rambah Hutan di Munte

Mafia Kayu Rambah Hutan di Munte

Hasil ilegal logging di Munthe (Harian Andalas)

Mafia kayu di Karo sepertinya tidak bosan-bosannya menghancurkan hutan di Sumut. Setelah menggunduli hutan di Simalungun baru-baru ini, kelompok mafia kayu ini kembali melakukan aksi penebangan kayu di Kecamatan Munte, Karo.

Ironisnya, areal hutan yang menjadi lahan aktivitasnya berada di Desa Tanjung B Kecamatan Munte itu disebut-sebut warga tidak memiliki izin. Namun kegiatan sudah hampir setahun ini berjalan lancar. Hal ini diduga kuat telah berjalan  salam tempel (suap-red) terhadap oknum aparat yang mempunyai ranah.

“Sepengetahuan kami aktivitas ini tidak resmi bang, mungkin sudah berjalan salam tempel ke pejabat terkait makanya mereka mulus melakukan aktivitas. Kami warga disini tidak bias berbuat banyak, soalnya Kades saja tidak mau angkat bicara atas kegiatan meresahkan itu,” ujar warga setempat bermarga Ginting, Kamis.

Sementara, pengusaha kayu bermarga Tambunan, di kilang showmil tepatnya di Jalan Irian Kabanjahe mengatakan, bahwa kegiatan dilakukannya telah memiliki izin resmi dari pihak terkait. “Kita sudah ada izin bang, silakan saja tanya yang bersangkutan,” ujar anak kedua Tambunan sembari mengaku anggota Polri yang bertugas di Bengkulu.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Kehutanan Ir Sucipto baru-baru ini mengatakan, izin tersebut tidak ada, bahkan pihaknya pernah melaporkan aktivitas pembalakan itu ke pihak Poilsi. “Kita tidak pernah memberikan izin aktivitas penebangan kayu itu, malah begitu mereka melakukan kegiatan ilegalnya di di Desa itu, kita langsung melaporkan ke pihak kepolisian,”kata Sucipto.

Informasi beredar, beberapa bula lalu, pihak kepolisian dari jajaran Polres Tanah Karo pernah menangkap mobil truk sarat muatan kayu diduga milik Tambunan. Kendaraan yang full muatan kayu balok itu sempat ditahan lebih satu minggu di Polres Tanah Karo. Namun setelah lewat satu minggu lamanya ditahan, pihak kepolisian Polres Tanah Karo melepas kenderaaan tersebut. (Harian Andalas)

Categories: hukum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: