Home > hukum > Penanganan Dugaan Ijazah Palsu Bupati Karo Lamban

Penanganan Dugaan Ijazah Palsu Bupati Karo Lamban

Kena Ukur Surbakti (karokab.go.id)

Mantan anggota DPRD Karo periode 1997-1999, Perdemuan Tarigan yang menjadi pelapor dugaan pemalsuan Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) Kena Ukur Karo Jambi sebagai persyaratan saat pencalonan sebagai calon Bupati Karo 2010 lalu menilai penanganan kasus itu lamban.

Pasalnya, ia harus mempertanyakan perkembangan kasus tersebut kepada aparat kepolisian yang menangani kasus tersebut. Perdemuan mengaku telah bertemu dengan Wakapolres Karo Kompol D Aruan dan Kasat Reskrim KP Harry Harahap, Senin (28/5) guna meminta penjelasan.

Sikap proaktif itu menurutnya perlu dilakukan mengingat lambatnya proses kasus tersebut. Semula dia hendak menemui Kapolres, Jumat, namun batal karena ketidakcocokan jadwal.

“Saya perlu mencari keterangan tentang perkembangan kasus ini ke Polres. Saya merasa prosesnya berjalan lamban, belum ada perkembangan berarti. Bahkan saksi-saksi yang saya ajukan juga belum ada yang diperiksa,” ujarnya seusai keluar dari ruangan Wakapolres.

Perdemuan melaporkan keabsahan SKPI Kena Ukur Karo Jambi, Sabtu (19/5) melalui bukti laporan nomor STPL-C/415/V/2012/SU/RES T.Karo. Dalam laporannya, Perdemuan mengatakan SKPI yang dipergunakan Kena Ukur itu tidak sah secara formil dan materil.

Chici Ardy selaku sebagai saksi pelapor juga merasa kecewa terhadap kinerja Polres Karo. Pasalnya, dia datang ke Rerskrim Polres untuk diperiksa, namun tidak jadi dilakukan pemeriksaan terhadap dirinya. “Saya sudah datang menemui Kasat Reskrim untuk diperiksa sebagai saksi dan juga sudah ngomong-ngomong dengan Kasat, tapi saya tidak juga diperiksa,”kesalnya.

Ketika dikonfirmasi Kapolres Tanah Karo AKBP Marcelino Sampow via selulernya, Senin 28/5) membenarkan adanya laporan tersebut. “Betul, tapi tanggal pengaduannya saya lupa. Cek ke SPK dulu. Cek ke Serse aja bos, proses dan materi pemeriksaan di Serse,” jawabnya singkat.

Sebelumnya, Aliansi Masyarakat Karo (AMK) melaporkan keabsahan SKPI Kena Ukur Surbakti (Bupati Karo terpilih) ke Komisi III DPR RI dan Mabes Polri melalui surat nomor 004/LSM-KPKP-PD/IV/2012 tanggal 11 Mei 2012. (Harian Andalas)

Categories: hukum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: