Home > Infrastruktur > Penyebab Kebakaran Sinabung Masih Misterius

Penyebab Kebakaran Sinabung Masih Misterius

Gunung Sinabung (breribuna.blogspot.com)

Suhu di Sumatera Utara (Sumut) yang mencapai 37 derajat celcius saat siang hari akhirnya menimbulkan kebakaran. Adalah kawasan hutan di Karo seluas 50 hektar kemarin terbakar. Beruntung, kebakaran itu tidak melebar dan berhasil dipadamkam.

Kebakaran melanda hutan negara di kaki Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Rabu (13/6). Lahan yang terbakar tersebut yakni didaerah Desa Sukanalu, Simacem dan Bekerah, Kecamatan Naman Teran, Karo. Api diketahui mulai menyala sekitar pukul 09.00 WIB dan baru berhasil dijinakkan pukul 16.00 WIB.

“Sebagian besar api sudah padam dan dua unit mobil pemadam yang dikerahkan ke lokasi kebakaran dan dibantu warga,” kata Kepala Dinas Kehutanan Karo, Sucipto.

Sucipto yang berada di sekitar Desa Sukanalu, kemarin, menyebutkan perhitungan sementara luas areal yang terbakar itu mencapai 50 hektar. Sebanyak 42 hektar lahan milik warga, dan delapan hektar sisanya hutan lindung.

“Kebakaran ini disebabkan aktivitas perladangan yang memakai sistem bakar dan kami masih menyelidiki dari mana sumber apinya,” sebutnya.

Dalam usaha pemadaman, terang Sucipto, pihaknya selain dibantu oleh warga juga dibantu dengan dua mobil pemadam kebakaran pemberian menteri. “Kita juga menurunkan dua mobil yakni mobil pemadam kebakaran yang bernama Manggala Api, yang diberikan oleh menteri. Mobil ini ini bisa masuk ke lokasi kaki gunung dan dilengkapi alat pemadaman,” jelasnya.

Tambahnya, pertama dilakukan pemadaman kebakaran pada sekeliling lokasi agar api tak merambat ke tempat lain. “Selanjutnya mobil Manggala Api gerdang dua itu masuk ke dalam lokasi secara bergantian dan dibantu juga oleh warga karena kebanyakan perladangan warga yang terbakar. Intinya pinggirannya terlebih dahulu agar tak merambat. Warga juga kooperatif dengan membantu memadamkan api,” akunya. (Sumut Pos)

Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: