Home > hukum > Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Kabanjahe

Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Kabanjahe

Ilustrasi penyergapan teroris (lazuardibirru.org)

Tim Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Densus 88 Mabes Polri dan personel Polres tanah Karo akhirnya menggeledah sebuah rumah di Jalan Sudirman, No 33 Kelurahan Gung Leto, Kabanjahe. Rumah itu disinyalir milik terduga teroris, Rizky Gunawan yang sebelumnya telah diamankan.

Penggeledahan itu dilakukan setelah sejumlah wartawan yang mendengar rencanan tersebut menanti selama sehari semalam. Langkah Tim Anti Terorisme tu mulai terlihat Sabtu (23/6) sekira pukul 10.00 WIB. Puluhan personel polisi yang sebahagian di antaranya memakai sebo telah menyebar di rumah berbentuk rumah toko (Ruko) yang berada tepat di samping Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Karo itu. Petugas baru memasuki areal rumah pada pukul 16.00 WIB.

Masyarakat pun sempat dilanda kehebohan dan tanda tanya. Rasa ingin tahu warga membuat peristiwa penggeledahan itu menjadi tontonan. Hingga usai penggeledahan rumah di seberang Plaza Kabanjahe itu, tidak ada pihak keamanan yang berkenan memberikan keterangan. Kapolres Tanah Karo AKBP Marcelino Sampow SH Sik MT dan Kasat Reskrim Polres Karo, AKP Harry Azhar yang sempat ikut masuk ke rumah juga enggan berkomentar banyak.

“Saya hanya mendapat perintah dari Kapolres agar segera menuju lokasi Ruko di Jalan Sudirman Kabanjahe,” ujar AKP Harry Azhar.

Demikian juga dengan hasil penggledahan yang disaksikan ratusan warga tersebut. Tetapi, dari pantauan wartawan saat berlangsungnya penggeledahan, dari ruko petugas terlihat tidak membawa sesuatu benda. Sedangkan ruko langsung disegel petugas dengan memasang garis polisi.

Sementara itu, menurut Lurah Gung Leto, Frans Leonardo Surbakti didapat informasi, rumah tersebut pernah ditempati pria berinisial BAS. Siapa sosok BAS ini tak banyak yang tahu. Namun dari pengamanan atas beberapa laki laki di seputaran Gedung Johor Medan, terselip nama Rizky Gunawan yang dari informasi merupakan pemilik rumah di Jalan Sudirman No 33 Kabanjahe. Rizky sendiri ditangkap BNPT di Jakarta. Penyidikan yang dilakukan oleh aparat lantas menemukan adanya beberapa asset dari Rizky Gunawan di Medan dan Kabanjahe yang orang tuanya berasal dari Kisaran.

Saat mencari tahu aset yang berada di Eka Warni Medan itu, empat orang diamankan Tim BNPT, darisana pula pengembangan atas aset Rizky pada sebuah rumah di jalan Sudirman Kabanjahe yang sesuai keterangan dibeli Rizky setahun lalu.

Menurut beberapa sumber, tim yang turun mengambil dokumentasi isi rumah tersebut. Rumah itu diketahui sempat dikontrakkan Rizky kepada seorang pengusaha rumah makan yang tak laman kemudian menutup usahanya. Bila tidak tertangkap, Rizky rencananya akan membuka usaha pencucian pakaian di ruko itu.(Sumut Pos)

Categories: hukum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: