Home > Pertanian > Belanda Tertarik Kembangkan Tulip di Karo

Belanda Tertarik Kembangkan Tulip di Karo

Tulip (types-of-flowers.org)

Pemerintah Kota Zundert Belanda tertarik saling tukar komoditas unggulan dengan Kabupaten Karo. Zundert mengembangkan kentang di belanda sedangkan Pemkab Karo mengadopsi komoditas bunga tulip.

Bupati Karo Kena Ukur Surbakti sangat tertarik soal tawaran konsep maupun program pengembangan budidaya pertanian yang disampaikan Pemerintahan Kota Zundert (Belanda) melalui Staf Ahlinya, Peter Daemen, dalam kunjungannya, Jumat (29/6) ke Karo.Kedatangan Peter Daemen ke Karo adalah menjalankan tugas yang didelegasikan Pemerintah Kota (Pemko) Zundert pada bidang pertanian dan kehutanan.

Disebutkan, awal ketertarikan Pemko Zundert menyodorkan program kerja sama budidaya pertanian kentang dan bunga tulip, ketika pihaknya melihat hasil laboratorium tentang unsur hara pada tanah yang pernah mereka bawa ke negaranya.

Dengan hasil itu, para petani di kota Zundert sangat cemburu dengan kondisi tanah (unsur hara). Sebab, menurut petani di Zundert, setengah dari jumlah pupuk kimia yang mereka gunakan pada areal pertanian dibanding dengan kesuburan tanah di Tanah Karo sehingg pupuk kimia tersebut tidak perlu digunakan lagi.

Untuk itu, tanaman kentang akan dilakukan kerja sama dalam bidang penanamanya melalui kelompok tani dan perusahaan yang mendukung program pembangunan Karo. Khusus untuk bunga tulip, yang selama ini dipasarkan ke Jepang, Filipina dan India, maka dengan adanya kerja sama ini, para petani yang akan menanam bunga tulip, akan mengekspor ke negara-negar dimaksud. “Tentunya biaya pengiriman lebih murah dan petaninya lebih untung,” jelasnya serius.

Bupati Karo Kena Ukur Surbakti mengaku sangat tertarik dengan tawaran itu karena yang paling berperan dalam peranan pembudidayaan bunga tulip adalah petani. “Saya rasa petani Karo, juga sangat tertarik dengan tawaran ini. Agar jangan hanya tertulis di atas kertas, perlu secepatnya di tindaklanjuti karena petani Karo juga gigih dalam praktek kerja lapangan pertanian,” kata Bupati optimistis. (Medan Bisnis)

Advertisements
Categories: Pertanian
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: