Home > Infrastruktur > Pemkab Karo Tak Punya Anggaran Benahi Armada Sampah

Pemkab Karo Tak Punya Anggaran Benahi Armada Sampah

Ilustrasi truk sampah ((rumahpintar-kembar.com))

Truk “odong-odong” pengangkut sampah yang dikemudikan Mahdin Ginting, beroperasi di kota Berastagi dan Kabanjahe disinyalir tidak memiliki standart layak jalan, namun tetap dioperasikan guna mendukung perbaikan sistem kebersihan meskipun hanya dua trip.

“Saat hujan saya terpaksa menggunakan mantel agar tidak basah saat mengemudi, sedangkan musim kemarau cukup menggunakan kaca mata, supaya terlindungi”, kata Mahdin Ginting kepada wartawan di Jalan Veteran saat mengangkut sampah.

Menanggapi hal ini, Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Surbakti di dampingi Ketua DPRD Karo Efendy Sinukaban SE kepada wartawan menyebutkan, mobil kebersihan yang disebut “odong-odong” itu terpaksa tetap dioperasikan sampai ada pengganti akhir 2012. Pasalnya  Dinas Kebersihan dan Pertamanan sampai sekarang masih mengalami keterbatasan armada truk dan hal ini juga menjadi kendala pelayanan sampah dan hasilnya tidak maksimal.

Disebutkan, merujuk dari 2010 – 2011 anggaran Belanja Kabupaten Karo belum cukup dan belum secara serius menyikapi penyediaan sarana angkutan truk dan kontainer. Tetapi 2012 adanya peningkatan APBD Karo dari Rp140 M menjadi Rp 305 M, maka peningkatan layanan sampah melalui armada akan ditambah 6 unit dan 40 set bin konteiner dan satu alat berat, kata bupati.

Sedangkan Ketua DPRD Karo Efendy Sinukaban menyahuti tentang kondisi armada pengangkut sampah dan sarana bak sampah serta TPA sampah yang ada saat ini sangat prihatin, daerah Kabupaten Karo sebagai daerah tujuan wisata perlu mendapat dukungan penyediaan sarana angkutan sampah.

Sebagai kota wisata, nilai jualnya akan lebih tinggi apabila objek-objek tujuan dalam keadaan bersih, sehingga pengunjung atau wisatawan akan merasa betah dan nyaman bila sampah tidak berserakan disepanjang sasaran tujuan wisata seperti di Berastagi dan sekitar objek wisata Bukit Gundaling.(Orbit)

Advertisements
Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: