Home > Infrastruktur > Tagihan Listrik Melambung, Pelanggan PLN Kabanjahe Protes

Tagihan Listrik Melambung, Pelanggan PLN Kabanjahe Protes

Logo PLN (pln-litbang.co.id)

Kinerja Pimpinan PT PLN (Persero) Ranting Kabanjahe Cabang Binjai, Tety Tambunan dan mitra kerjanya PT Indah Sari Mandiri di bawah kepemimpinan Diana kembali dihujani tudingan negatif oleh pelanggan. Tudingan itu didasari pembayaran rekening beberapa pelanggan tiba-tiba melambung tinggi.

Seperti dialami Serka Ady Sumitro Situmorang (34), salah satu personel Kodim 0205 /TK yang berdomisili di Kompleks Asrama Kodim 0205 (Kodim lama) Jalan Sudirman Kabanjahe, dengan ID Pelanggan No : 122190288649, kekuatan Tarif / Daya : R1 / 900 VA. Sumitro mengaku, pembayaran setiap bulan hanya sebesar Rp100.000- Rp.120.000, selama sembilan bulan sejak meteran baru dipasang bulan April 2012 lalu. Namun, sejak Januari tahun 2012 pembayaran mulai meningkat menjadi Rp300.000 per bulan terhitung hingga bulan Maret.

Parahnya lagi, untuk pembayaran bulan April tahun ini tiba-tiba berkisar tujuh ratusan. Karena dikagetkan dengan pembayaran tinggi, Situmorang beserta istri membuat keputusan tidak membayar rekening melonjak sebelum ada penjelasan yang logis dari pihak PLN sesuai ajuan komplain tertulis dibuatnya.

Dalam hal ini, Situmorang tidak membayar rekening pemakaian selama tiga bulan berturut-turut terhitung bulan April, Mei dan Juni dengan tujuan agar pihak PLN segera mencari solusi positif. Tidak sesuai harapan, untuk pembayaran rekening selama 3 bulan, tertanggal 19 Juni 2012 pihak PLN membuat surat tagihan sebesar Rp 2.212.169.000, tertulis di Surat Pemberitahuan Pemutusan Sementara bernomor : 12219 / VI-01/06062012-153.

Melihat kenyataan ini, sesuai pengakuan Situmorang di kediamannya, kemarin, dia bergegas ke Kantor PLN Ranting Kabanjahe di Jalan Jamin Ginting Kabanjahe, dengan tujuan mempertanyakan alasan pembengkakan rekeningnya. Namun di kantor tidak ada yang mampu memberikan alasan masuk akal.

Hal yang sama dialami Bambang Irawan (45), salah seorang Pegawai Bank BTPN Cab Kabanjahe berdomisili di Jalan Selamat Ketaren Gg Alwasliyah Kabanjahe, dengan ID PeL : 122190126085, Tarif Daya : R1 / 450 VA. Suami dari Sekretaris DPD Wanita Pujakesuma ini mengaku dari bayaran rata-rata 150.000 per bulannya melonjak menjadi Rp.400.000. Pembekakan rekening terjadi pada Maret, April, Mei dan Juni tahun ini.

Namun setelah dikomplainkan, pihak PLN berjanji segera menurunkan rekening pembayaran untuk bulan Juli.“Tapi pihak PLN sudah berjanji untuk mengurangi rekening pembayaran untuk Juli,”ujar Rosmini (45) istri Bambang Irawan di kediamannya Gang Alwasliyah.

Kepala PT PLN (Persero) Ranting Kabanjahe Tety Tambuneang, ketika dihubungi lewat telepon selulernya, menyarankan agar mempertanyakan kepada Edy, salah seorang stafnya. Namun, Edy juga berkelit, agar mempertanyakan hal ini ke oknum staf yang membidangi.

“Saya tidak biasa menjawab ini pak, ini ranah Pak Simbolon, dialah yang mengoordinir para rekanan kita dari PT Indah Mandiri Sari yang berkantor di Medan. Saat ini, dia sedang cuti,”kata Edy.(Andalas)

Advertisements
Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: