Home > hukum > Sekda Karo Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi KCC

Sekda Karo Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi KCC

Ilustrasi korupsi (404systemerror.com)

Sekretaris Daerah (Sekda) Karo, Ir Makmur Ginting MSc, Senin (9/7) diperiksa penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Sat Reserse dan Kriminal Polres Karo terkait dugaan kasus penyalahgunaan anggaran belanja subsidi untuk tahun anggaran 2009 dan 2010 sebesar Rp1 miliar kepada Karo Community Collage (KCC).

Sebagaimana diketahui sebelum penyaluran anggaran KCC itu terlebih dahulu dilakukan Memory of Understanding (MoU) antara Karo Community Colage (KCC) dengan salah satu Universitas di  Bandung  dengan  Nomor : 119/54/Diknas/2009 dan Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 005/SKB/UKM/III/ 2009 tertanggal 6 Maret yang ditandatangani Drs Daulat Daniel Sinulingga yang saat itu menjabat Bupati Karo.

Dalam  perjanjian itu pada poin ke empat yang berbunyi, segala biaya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pengembangan program KCC ditampung anggarannya di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Pemkab Karo. Namun kenyataannya tidak demikian.

Anggaran itu justru ditampung pada belanja subsidi, bukan di Dinas Pendidikan Karo. Informasi lain menyebutkan, penggunaan anggaran kepada KCC pada tahun 2009 berdasarkan dari hasil audit BPK  ditemukan dokumen SPJ senilai Rp 77 juta dan penggunaan anggaran pada tahun 2010 seperti pengadaan barang  komputer, laptop, mobiler senilai Rp 99 juta  tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Kasubbag Humas Polres Karo, AKP Sayuti Malik, Senin (9/7) siang, mengatakan Sekda dimintai keterangan sehubungan atas penggunaan anggaran  Karo Community College (KCC).

Ketika didesak apakah penggunaan anggaran itu diselewengkan oleh pihak-pihak tertentu sehingga ada dugaan sarat korupsi, Sayuti mengaku belum mengetahui secara pasti.

“Beliau bukan diperiksa. Tapi, dimintai keterangan seperti klarifikasi sehubungan adanya informasi yang datang dari masyarakat tentang penggunaan anggaran KCC. Kalau masalah apa yang dipertanyakan, saya belum mengetahui secara pasti,” ujarnya.(Andalas)

Categories: hukum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: