Home > Politik > Warga Tiga Nderket Himpun Tanda Tangan Tolak Tambang Dolomit

Warga Tiga Nderket Himpun Tanda Tangan Tolak Tambang Dolomit

Warga membubuhkan tanda tangan menolak penambangan dolomit (Andalas)

Galian C batu dolomit di Kecamatan Tiga Nderket dan Kecamatan Kuta Buluh, Kabupaten Karo, yang disinyalir telah merusak ekosistem sungai dan bertentangan dengan peraturan perundangan-undangan tentang kehutanan serta lingkungan hidup.

Sementara masa Surat Izin Penambangan Daerah (SIPD) Galian C Batu Dolomit di kedua kecamatan tersebut akan segera berakhir 7 Agustus 2012 mendatang. Perwakilan Gerakan Masyarakat Peduli Karo (GMPK), Jean Ginting didampingi Ngataken Tarigan, Senin (9/7) mengatakan, pihaknya memrotes aktivitas penambangan batu dolomit di Kecamatan Tiga Nderket dan Kecamatan Kuta Buluh.

Sebagai sikap protes, kata Ngataken, pihaknya sudah melayangkan surat mohon koordinasi ke DPRD Karo tentang SIPD dan dampak lingkungan atas penambangan tersebut. Menurutnya, pertambangan itu dapat berdampak pada perubahan atau rusaknya ekosistem.

Ekosistem yang rusak diartikan sebagai suatu ekosistem yang tidak dapat lagi menjalankan fungsinya secara optimal, seperti perlindungan tanah, tata air, pengatur cuaca, dan fungsi-fungsi lainnya dalam mengatur perlindungan alam lingkungan. “Karena itu, eksploitasi batu dolomit yang mengerikan itu, harus dihentikan bila tak mau Tanah Karo terkena bencana lingkungan yang dahsyat,”ujarnya.

Selain memprotes penambangan batu dolomit, sambung Ngataken, pihaknya masih bergerak memperjuangkan pembatalan Perda nomor 4, 5 dan 6 tahun 2012 tentang kenaikan  retribusi jasa umum, jasa usaha dan perizinan tertentu  yang dinilai  tidak sesuai keinginan dan kemampuan masyarakat. Dikatakan, GMPK akan terus berjuang untuk membatalkan Perda-perda yang dinilai menyengsarakan masyrakat Karo itu.

“Setelah Selasa (19/6) lalu, GMPK melakukan rapat dengar pendapat dengan DPRD Karo tentang penolakan tiga Perda tersebut, langkah selanjutnya pihak kami mengajak masyarakat untuk turut serta membubuhkan tanda tangan di spanduk-spanduk disediakan GMPK sebagai bentuk penolakan atas Perda 4, 5 dan 6 yang dinilai sudah sangat menyengsarakan masyraakat,” ajaknya.(Andalas)

Categories: Politik
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: