Home > Ekbis > Bupati Karo Blusukan ke Pusat Pasar Kabanjahe

Bupati Karo Blusukan ke Pusat Pasar Kabanjahe

Bupati dan anggota DPRDSU berdialog dengan pedagang Pasar Kabanjahe (Andalas)

Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti dan anggota DPRDSU Richard Eddy M Lingga, Layari Sinukaban, Asisten I Terkelin Purba,  Camat Kabanjahe Drs Lesta Karo-Karo MM, mengunjungi para pedagang di Pusat Pasar Kabanjahe, Kamis  (19/7).

Para pejabat ini ingin melihat langsung kondisi rill masyarakat menjelang bulan suci Ramadan sekaligus mengantisipasi adanya kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako). Kedatangan anggota DPRDSU dari Dapem X (Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Barat) serta Bupati Karo DR HC Kena Ukur Karo Jambi Surbakti itu, disambut antusias para pedagang.

Terlihat dialog dan percakapan penuh kekeluargaan antara pedagang dan masyarakat yang kebetulan berbelanja kebutuhan pokok. Pada tinjauan langsung secara spontan itu, tidak ada terlontar keluhan dari para pedagang akan kenaikan harga dan kurangnya pasokan sembilan bahan pokok dari Medan.

Namun, pasokan sembako dan kebutuhan lainnya, cenderung lambat datangnya dari Medan semisal ayam potong. Menurut sejumlah pedagang, mereka tidak akan menaikkan harga di saat bulan Puasa, jika para distributor juga tidak menaikkan harga mengingat daya beli masyarakat akhir-akhir ini cenderung menurun.

Harga-harga kebutuhan akan tetap dipertahankan sebagai mana harga biasanya, kecuali jika ada kenaikan harga dalam pembelian. “Kami tidak akan menaikkan harga kebutuhan selama Ramadan jika harga beli dari Medan tidak naik” kata salah seorang pedagang, Sri Ulina Br Ginting (38) saat dialog dengan Bupati dan Angota DPRD SU.

Sementara pedagang ayam, N Br Karo (46) mengaku terpaksa menaikkan harga jual daging ayam potong dari Rp27 ribu per kg menjadi Rp30 ribu per kg karena pihak penyuplai daging ayam di Medan menaikkan harga jual.

Pengakuan tulus dari para pedagang dengan tidak semena-mena menaikkan harga kebutuhan pokok  disambut gembira bupati, termasuk kedua anggota DPRDSU. “Kami sangat gembira jika tidak ada kenaikan harga, tolong kita hormati saudara-saudara kita yang menjalankan ibadah puasa, kasihan umat muslim jika pedagang menaikkan harga dengan sesuka hati, inilah contoh pedagang yang baik,” kata bupati.

Menyahuti tidak adanya keluhan pedagang dengan tetap stabilnya harga- harga kebutuhan pokok selama Ramadhan, juga disambut baik Layari Sinukaban dan Richad Lingga. Kedua pentolan kader partai dari Demokrat dan Golkar ini bersikukuh akan tetap membela dan memperjuangkan hak-hak pedagang, petani dan masyarakat lainnya.

Richard Lingga mengajak para pedagang tidak segan-segan melaporkan jika ada spekulan menimbun stok barang menjelang bulan suci Ramadan, dan memaksa para pedagang menaikkan harga jual kebutuhan pokok tertentu.

“Siapapun dia, sampaikan kepada kami anggota DPRDSU maupun ke kantor Bupati Karo, pemerintah akan menindak tegas,” ujar anggota Komisi E DPRDSU yang dikenal vokal dan rajin turun ke dapemnya ini, sembari mengharapkan aparat dari Polres Karo memaksimalkan peran intelnya di lapangan menjelang bulan suci Ramadan maupun menjelang hari-hari besar Agama lainnya seperti Natal dan Tahun Baru nanti.

Hal senada dikatakan Layari Sinukaban, bahwa pihaknya di DPRD SU, tidak pernah berdiam memperjuangkan anggaran pembangunan di Kabupaten Karo. “Bersama teman-teman anggota DPRD SU lainnya dari Dapem X, sudah banyak kami perjuangkan ke Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Barat,” katanya.(Andalas)

Advertisements
Categories: Ekbis
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: