Home > Infrastruktur > Akses Barusjahe-Serdang Terancam Putus

Akses Barusjahe-Serdang Terancam Putus

Lokasi jalan rusak di jalur Barusjahe-Serdang (Andalas)

Jalan yang menghubungkan Desa Barusjahe-Serdang Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo terancam putus total apabila tidak mendapat perhatian serius dari Pemkab Karo.

Hal tersebut dikatakan Abdi Tarigan (38) warga desa Barusjahe, Senin (23/7) di Desa Serdang. Menurutnya jalan sepanjang 2 kilometer menuju desa penghasil beras pulut mutu terbaik itu dan salah satu sentra petani jeruk itu sudah lama rusak.

“Kalau tidak hati-hati, pengendara kendaraan bisa terperosok ke dalam jurang, karena sebagian sisi badan jalan sudah erosi dan berlobang. Dikhawatirkan, jika hujan deras longsor ini bertambah besar,” katanya.

Sementara Kepala Desa Serdang, Beka Ginting (48) saat dihubungi, membenarkan sisi jalan rusak dan pernah longsor. Bahkan hal tersebut telah pernah disampaikan dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Daerah (PUD) Karo.

“Kami telah melaporkannya ke Dinas PUD Karo, namun hingga saat ini belum ada kami lihat tanda-tanda diperbaiki secara permanen. Kalau bisa pemerintah tidak membiarkannya berlama-lama, karena akan membuat hasil pertanian dari desa kita ini terganggu untuk dipasarkan,” kata Ginting.

Pantauan di lokasi jalan tersebut, Senin petang, lubang yang sudah menganga dipinggir jalan itu rawan kecelakaan. Selain itu, banyak kendaraan harus antri, karena untuk melewati jalur tersebut kendaraan yang lewat secara bergantian dari kedua sisi, otomatis kemacetan tidak terelakkan khususnya di jam-jam tertentu.

Supir angkutan pedesaan PO Gaya Baru, Toto Tarigan (40) yang setiap harinya melintasi jalan ini mengatakan saat melewati jalan tersebut harus berhati-hati bang, kalau tidak bisa masuk jurang. Selain sisi badan jalan berlobang, jalannya tanjakan dan turunan serta kondisi jalannya juga rusak. Yang dikhawatirkan bagi supir kendaraan yang belum menguasai jalur ini, bisa terancam keselamatannya.

Kadis Bina Marga PUD Karo, Paksa Tarigan ST membenarkan longsor yang terjadi diantara jalan Barusjahe- Serdang. Bahkan pihaknya telah pernah mendapatkan laporan dari kepala desa Serdang dan Barusjahe tentang jalan rusak itu. “Kita akan berusaha memperbaikinya secepat mungkin. Beronjong akan kita pasang di sana. Yang penting jalan itu akan kita perbaiki,” tegas Tarigan.(Andalas)

Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: