Home > Infrastruktur > Jelang Lebaran, Jalan Kabanjahe-Kotacane Sudah Mulus

Jelang Lebaran, Jalan Kabanjahe-Kotacane Sudah Mulus

Jalan Kabanjahe- Kotacane (Andalas)

Jelang hadirnya masa mudik lebaran, Jalan Medan–Kotacane, khususnya yang berada di wilayah Karo terus dibenahi. Jalan utama yang mendapat sentuhan perbaikan itu terang terlihat mulai sekitar SPBU Desa Kacaribu hingga mendekati Simpang Lau Simomo, Kecamatan Kabanjahe.

Menurut Bupati Karo DR ( HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti, jalan yang yang diperbaiki itu merupakan hasil koordinasi secara matang antara dirinya dengan Plt Gubernur Sumut, H Gatot Pudjo Nugroho ST selama ini. Kesamaan pandangan akan perlunya infrastruktur yang baik sebagai daya dukung utama sektor ekonomi membuat mereka, sebut Karo Jambi berjuang mengamankan datangnya proyek yang anggaranya dari APBN dan ditampung di APBDSU ke Kabupaten Karo.

“Bersama Plt Gubernur Sumut, kami terus kawal proyek yang kini dapat dinikmati masyarakat tersebut. Kerja sama ini tentu akan dipertahankan dengan rapi dan matang,”ujar Karo Jambi kepada sejumlah wartawan, Senin (30/7) di kantor Bupati Karo, usai meninjau Jalan Negara di sekitar Desa Kandibata.

Niatan orang nomor satu di Kabupaten Karo untuk terus menghadirkan proyek perbaikan jalan memang masih membutuhkan waktu yang panjang. Pasalnya, dengan masih banyaknya jalan yang rusak, harus ada pertimbangan yang mana yang lebih utama didahulukan.
Kalaupun jalan negara dan provinsi bukan wewenang Pemkab Karo, tapi tidak ada salahnya mendesak Pemprovsu maupun pihak-pihak terkait lainnya seperti Departemen Kementerian PU di Jakarta agar memperhatikan sejumlah ruas jalan nasional di Tanah Karo. “Kalau saya maunya hari ini semua jalan di Karo ini tidak ada lagi yang berlubang. Saya juga punya harapan agar dalam perbaikannya, daerah diberikan tanggung jawab penuh, termasuk dalam hal penggunaaan anggarannya, agar jalan yang rusak tidak berlarut-larut keadaannya,” tambah Karo Jambi.

Hadirnya perbaikan jalan dan pembangunan parit di sekitar Desa Kandibata, Kecamatan Kabanjahe benar benar mendapat apresiasi positif dari masyarakat. Di Desa yang banyak menjajakan lemang dan cimpa tuang itu, hampir rata warga memberikan penilaian yang bagus, karena baru Bupati Karo di zaman DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti ini perbaikan jalan di daerah mereka tidak hanya sebatas gagasan, melainkan telah nampak kenyataannya.

Apalagi, jika nantinya perbaikan itu mampu sampai ke tiap ujung daerah, misalnya sampai ke titik kota , tentu akan berdampak positif bagi mobilitas sosial dan ekonomi masyarakat yang berada di sekitarnya.

Terkait masa menjelang hadirnya arus mudik kali ini, jalan yang mulus juga dapat mengurangi angka kemacetan dan angka kejahatan. Karena bukan rahasia lagi, jika tiap tahunnya di jalan yang rusak, para pelaku kejahatan memainkan perannya dengan merampok warga yang akan pulang kampung, ke NAD misalnya.

“Kami selaku supir bus umum merasa diperhatikan, karena beberapa tahun lalu saya harus mendapati seorang penumpang saya dirampok di jalan yang rusak ini, sedangkan saya diikat, kini dengan jalan yangt bagus mudah-mudahan mereka tidak lagi bermain,” terang Teger (45), supir antar kota antar dalam provinsi.

Satu tahun kemarin, katanya, jalan tersebut kondisinya sangat parah. Untuk melewati jalan di sekitar Desa Kandibata yang hanya sekitar dua kilometer bisa memakan waktu setengah jam. Namun sekarang yang paling parah di seputaran Desa Kineppen Kecamatan Munte atau sekitar 4 kilometer dari kota Kabanjahe.

“Kalau ruas jalan itu nanti sudah diperbaiki, waktu tempuh Kabanjahe – Tigabinanga yang selama ini dua jam lebih dengan jarak tempuh 27 kilometer, nantinya waktu tempuh hanya sekitar 1 jam,” ujarnya.(Andalas)

 

Categories: Infrastruktur
  1. 01/08/2012 at 1:31 pm

    merandal…….

    Like

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: