Home > Sosial > Komisi Perlindungan Anak Minta Akte di Karo Digratiskan

Komisi Perlindungan Anak Minta Akte di Karo Digratiskan

Akte kelahiran (anakbersinar.com)

Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) melayangkan surat kepada Bupati Karo terkait sulitnya penerbitan akte kelahiran di daerah ini.

Hal ini diungkapkan Sekjen Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Kabupaten Karo, Torison Ginting didampingi kordinator aksi damai MPC PP, Makmur Jaya Sembiring SH dan Ketua Badan Pelaksana Kaderisasi Iswadi Purba saat ditemui wartawan kemarin di Berastagi. Menurut Torison, aksi damai yang dilakukan massa PP mendapat dukungan dari KPAI dengan melayangkan surat kepada Pemkab Karo.

KPAID meminta Pemkab Karo secepatnya merespons aspirasi PP itu. Karena tuntutan PP terkait penerbitan akte kelahiran tersebut berkaitan penting dengan berbagai keperluan masyarakat di Kabupaten Karo, terutama sebagai salah satu persyaratan bagi pelajar untuk melanjutkan pendidikannya.

Dalam surat KPAID tertanggal 24 Juli 2012 yang juga ditembuskan kepada MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tanah Karo dengan No :B.4/060/KPAID-SU/VII/2012 mengatakan, penerapan pasal 23 ayat (2) UU NO.23/2002 tentang administrasi kependudukan yang menyebutkan, pencatatan kelahiran yang melampaui batas satu tahun sebagaimana dimaksud pada pasal satu dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan. Namun dalam penerapannya pasal ini sangat memberatkan masyarakat dan orangtua yang akan mengurus akta kelahiran anaknya, baik dari jarak, waktu maupun biaya yang dikeluarkan.

Seiring dengan peringatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 23 Juli 2012, KPAID Sumatera Utara meminta kepada Bupati Karo untuk menggeratiskan pelayanan akta kelahiran tanpa batas waktu sebagaimana amanah Pasal 28 UU NO.23/2012 tentang perlindungan anak.

Bupati Karo, Kena Ukur Karo Surbakti di hadapan massa PP berjanji untuk tahun ini akan secepatnya melakukan koordinasi dengan pihak Pengadilan Negeri Kabanjahe untuk menggelar sidang terbuka di setiap kecamatan-kecamatan yang di kordinir langsung oleh camat masing-masing. Dilaksanakan hal ini akan menggurangi biaya penggurusan akta kelahiran.(Sumut Pos)

Advertisements
Categories: Sosial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: