Home > Pendidikan > Guru di Tanah Karo Ikuti Ujian Kompetensi

Guru di Tanah Karo Ikuti Ujian Kompetensi

Para guru mengikuti ujian kompetensi (Andalas)

Untuk pengembangan diri seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, secara keseluruhan guru berikut kepala sekolah di Kabupaten Karo dituntut mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG). Selain itu, UKG juga diharapkan untuk dapat mengetahui kondisi penguasaan kompetensi seorang guru.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, Drs Sugianta Ginting melalui Kepala Bidang Perencanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Karo selaku Ketua Tim Sertifikasi Guru Kabupaten Karo, Drs Eddi Surianta Surbakti MPd kepada wartawan, Selasa (31/7) di Kabanjahe. Menurutnya, kompetensi setiap guru harus dipetakan melalui UKG.

“UKG dimaksudkan mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan profesional. Peta tersebut akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru, bukan untuk menghentikan tunjangan profesi yang selama ini telah diterima guru yang telah sertifikasi,” papar Eddi.

Lebih jauh disebutkan, UKG pada 2012 ini adalah yang pertama dilaksanakan sejak adanya sertifikasi guru. Dari 1.526 guru di Kabupaten Karo pada satuan pendidikan TK, SD, SMP, SMA, dan SMK yang terdiri dari 24 guru TK, 550 guru SD, 550 guru SMP, dan 402 guru SMA/SMK semuanya mengikuti UKG.

“Pelaksanaan UKG tahun 2012 wajib diikuti guru PNS dan non PNS yang telah menerima tunjangan profesi mulai periode tahun 2007 sampai tahun 2011, yang dilakukan secara serentak di Sumatra Utara, dimulai 30 Juli sampai 4 Agustus 2012 nanti,” tegasnya.

Masih penuturan Eddi Surbakti, khusus untuk Kabupaten Karo dilaksanakan pada 4 lokasi yaitu SMP Negeri 1 Kabanjahe, SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe, SMA Negeri 2 Kabanjahe, dan SMA Negeri 1 Berastagi.

Setiap harinya pada tiap lokasi pelaksanaannya dibagi menjadi 3 gelombang dengan jumlah 23 orang. Gelombang pertama dimulai pukul 7.30-10.00 WIB, gelombang kedua pukul 10.30-13.00 WIB dan gelombang ketiga pukul 14.00-16.30 WIB serta teknis pelaksanaan UKG tersebut dilaksanakan secara on-line.

Panitia telah menyiapkan perangkat komputer yang online sehingga peserta hanya menjawab soal yang telah tersedia di komputer. Setelah selesai para peserta langsung dapat mengetahui hasilnya. Hasil UKG tersebut langsung tersimpan pada server Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional.

“Diharapkan dengan teknis pelaksanaan UKG secara online ini dapat merangsang guru untuk melek teknologi di samping lebih efektif dan efisien,” tambahnya.

Eddi juga mengharapkan kepada seluruh guru di Kabupaten Karo untuk tidak perlu resah mengikuti kegiatan UKG. Akan tetapi, perlu mempersiapkan diri dengan baik. Karena, kisi-kisi UKG maupun contoh-contoh soal dapat diakses di internet dan diharapkan kepada seluruh peserta berlatih melalui refrensi soal-soal tersebut.

Sementara, sehubungan dengan Surat Edaran (SE) Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dengan Nomor: 1286/ J-19/ LL/ 2012 tertanggal 27 Juli 2012 tentang UKG guru SMK, Kepala Sekolah dan Pengawas akan diundurkan pada Oktober mendatang. “Untuk 136 guru, Kepala sekolah SMK dan Pengawas pelaksanaan UKG diundurkan menjadi 1-6 Oktober mendatang,” imbuhnya.(Andalas)

Advertisements
Categories: Pendidikan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: