Home > Sosial > Rumah Siwaluh Jabu di Desa Melas Ludes Terbakar

Rumah Siwaluh Jabu di Desa Melas Ludes Terbakar

Salah satu rumah adat di Karo yang tersisa (dok)

Sebuah rumah adat Siwaluh Jabu warisan budaya Karo di Desa Melas, Kecamatan Dolat Rayat Kabupaten Karo, ludes terbakar, Selasa (31/7) sekira pukul 14.30 WIB. Tidak ada korban jiwa tapi kerugian ditaksir sekitar Rp200 juta.

Terbakarnya rumah adat Karo tersebut, sekaligus memperpanjang daftar rumah adat Karo yang telah musnah dari permukaan bumi. Biasanya rumah adat yang terbakar atau runtuh karena termakan usia tidak dibangun kembali.

Informasi diperoleh di lapangan, kobaran api penyebab terbakarnya salah satu rumah adat Karo di Desa Melas diketahui sekitar pukul 14.30 WIB oleh salah seorang warga bernama Terulin Br Kemit yang bertempat  tinggal tidak jauh dari lokasi kejadian ketika hendak membersihkan pekarangan rumah.

Melihat kobaran api itu, Terulin Br Kemit berteriak sehingga mengundang warga lain keluar rumah dan berdatangan ke tempat kejadian. Sejumlah warga yang mengetahui kejadian itu segera berusaha memadamkan api yang kian membesar dengan mempergunakan peralatan seadanya berupa ember dan mesin pompa untuk menyemprot tanaman dengan menggunakan air yang ada di bak penampungan milik warga.

Camat Dolat Rayat, Ramlan Ginting, S.Sos yang di laporkan kejadian itu oleh warga segera turun ke lokasi dan segera melakukan koordinasi dengan  kepala Desa dan warga untuk terus menyiram bangunan rumah adat yang telah musnah terbakar, agar tidak menjalar ke Jambur Desa dan Rumah Adat Perpulungen yang berdampingan dengan rumah adat yang terbakar.

Menurut Ramlan, yang dihubungi Rabu (1/8), dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, kerugian material diperkirakan sebesar Rp200 Juta. Sedangkan penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti dan masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

Mengingat rumah adat tersebut memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi, maka pihaknya telah melaporkannya kepada Bupati Karo dengan surat  nomor : 364/421/DR/2012, tanggal 1 Agustus, sekaligus mohon petunjuk dari Bupati Karo untuk tindakan selanjutnya.(Andalas)

Advertisements
Categories: Sosial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: