Home > Sosial > Rakoetta Berahmana Bakal Jadi Nama Jalan di Kabanjahe

Rakoetta Berahmana Bakal Jadi Nama Jalan di Kabanjahe

Kena Ukur Surbakti (karokab.go.id)

Bupati Karo, DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti terima audensi panita penabalan nama jalan Rakoetta Sembiring Berahmana di kantor bupati, Selasa (7/8).

Dalam pertemuan singkat itu, menurut Karo Jambi, Pemkab mendukung sepenuhnya upaya yang dilakukan pihak keluarga/panitia, untuk mewujudkan nama salah satu pejuang dijadikan nama jalan.

Namun guna merealisasikan cita-cita mulia itu, Bupati Karo mengimbau pihak panitia, agar secepatnya melengkapi berkas persyaratan secara administratif kepada pemerintah.

“Kita akan bantu sepenuhnya. Satu kebanggan pejuang dan pemikir kabupaten ini diangkat ke tingkat nasional. Saya pikir tidak ada hambatan dalam hal ini. Kita siap koordinasi lebih lanjut,” kata bupati.

Karo Jambi juga menyambut positif gelar tabur bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe, yang rencananya akan digelar pada tangga 13 Agustus mendatang oleh panitia dan keluarga alm Rakoetta.

Dalam kegiatan ziarah nantinya, akan dilakukan tabur bunga di makam mantan Bupati Karo era 1950-1954 itu, beserta makam para pejuang lainnya yang bersemayam di Makam Pahlawan Kabanjahe.

Usai memberi penghormatan kepada para pejuang yang telah gugur, acara dilanjutkan dengan deklarasi pengusulan nama jalan Rakoetta Sembiring Berahmana.

DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti, kepada wartawan mengatakan, Pemkab Karo sangat merespon kegiatan gelar tabur bunga jelang HUT Proklamasi RI-67, sekaligus pengusulan nama jalan tersebut.

Ketua panitia penabalan nama jalan, Masdin DT Ginting, didampingi Sekretaris Reynaldy Sembiring dan penasehat Nancy Meininta Berahmana (cucu Rakoetta-red) menyatakan, dengan respon positif yang diberikan bupati, pihak panitia dan keluarga mengucapkan terima kasih.

Usai pertemuan tersebut, Masdin mengatakan, sebagai daerah yang dikenal memiliki banyak pejuang, sudah sepatutnya Pemkab Karo dan DPRD menabalkan nama-nama pahlawan, pejuang angkatan 45, tokoh nasional dan daerah menjadi nama jalan dan gedung.

Sebuah bukti catatan sejarah, keheroikan serta kecintaan masyarakat Karo kepada NKRI yang pantas diapresiasi, diabadikan dan terpatri dihati sanubari generasi muda kelak. (Andalas)

 

Advertisements
Categories: Sosial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: