Home > hukum > Karo Jambi Akhirnya Cabut Izin Tambang Dolomit

Karo Jambi Akhirnya Cabut Izin Tambang Dolomit

 

Bupati Karo Kena Ukur Surbakti (karokab.go.id)

Bupati Karo, DR ( HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti akhirnya secara resmi menerbitkan surat edaran penghentian sementara izin usaha pertambangan dolomit. Langkah ini merupakan salah satu turunan dari edaran Menteri Pertambangan dan Sumber Daya Mineral tentang penghentian sementara penerbitan IUP.

Surat edaran Bupati Karo dengan Nomor : 540/1473/Tamben/2012 tertanggal 6 Agsutus 2012 keluar setelah memperhatikan beberapa alasan, antara lain, SK No 44 tahun 2005 tentang kawasan hutan lindung, UU RI No 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara, surat edaran kementrian energy dan sumber daya mineral Nomor 08.E/30/DJB/2012 tentang penghentian sementara penerbitan IUP dan hasil kesimpulan rapat koordinasi antar instansi terkait yang diadakan di ruang rapat asisten tertanggal 9 Juni 2012.

Hingga kemudian Karo Jambi meminta kepada seluruh Kepala Dinas, Badan/Kantor terkait, termasuk Camat dan Kepala Desa untuk tidak memberikan rekomendasi izin ataupun kelengkapan berkas lainnya yang dibutuhkan dalam menerbitkan izin usaha pertambangan di Kabupaten Karo sampai ada edaran berikutnya.

Pasca keluarnya surat edaran Bupati Karo, Plt Kadis Tamben Kabupaten Karo, Robert Perangin-angin SPd MSi juga pada hari yang sama menerbitkan surat dengan nomor 540/163/TAMBEN/VIII/ 2012 yang berisi penghentian usaha pertambangan.

Dalam suratnya, Robert menerangkan sesuai Izin Pertambangan Daerah (SIPD), yang telah berakhir pada tanggal 7 Agustus 2012, maka pihaknya meminta kepada seluruh pihak menghentikan seluruh kegiatan pertambangan di lokasi manapun terhitung tanggal 8 Agustus 2012 sampai dikeluarkannya SIPD Eksploitasi oleh Pemkab Karo.

“Jika nantinya ada membandel, sesuai ketentuan berlaku akan kita tindak tegas, ini merupakan bahagian dari tanggung jawab pemerintah dalam menjalankan roda organisasi sesuai dengan aturan yang ada,” tegas Peranginangin yang juga menjabat Kadis Kominfo dan PDE Kabupaten Karo.

Pertambangan di Kabupaten Karo mayoritas berjenis galian C dengan jenis dolomit mendominasinya, komoditi ini kemudian dibawa ke luar, umumnya ke Medan guna diproduksi lagi, setelah itu baru digunakan untuk kepentingan pertanian pada berbagai varietas tanaman.(Andalas)

 

Categories: hukum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: