Home > Sosial > Dinsos Karo Gencarkan Razia Gepeng

Dinsos Karo Gencarkan Razia Gepeng

Ilustrasi gelandangan (lucunggaklucu.blogspot.com)

Jelang Lebaran dan HUT RI ke-67, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) kabupaten Karo melalui tim kerja 12 orang merazia gelandangan dan pengemis (gepeng) dan orang gila di sejumlah objek wisata Kabanjahe dan Berastagi.

Hal ini disampaikan Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Sadarta Bukit SE MSi didampingi Sekretaris Drs Indra Jaya Bangun serta Kepala Seksi Perilaku Bermasalah, Usaha Purba BA, kepada wartawan, di kantornya, kemarin. Disebutkan, tahun ini, 15 orang kurang waras langsung diantar ke RS Jiwa Pokok Mangga Medan untuk mendapatkan perawatan.

Sedangkan tahun sebelumnya dinas ini masih memiliki kerja sama dengan UPT Panti Tuna Laras Berastagi di bawah naungan Dinsos Pemprovsu. Sehingga bagi orang gila yang ditertibkan diantar ke panti asuhan Laras.

“Khusus terhadap gelandangan dan pengemis yang murni akan di antar langsung ke jalan Turi Binjai yang juga di bawah naungan Dinas Sosial Pemprovsu,” katanya.

Ditambahkan Sekretaris Indra Jaya Bangun, Kabupaten Karo merupakan daerah lintasan Dairi, Pakpak Bharat, Aceh Singkil, Aceh Tenggara dan Gayo Lues.

Sedangkan perbatasan dengan Kabupaten Karo yakni, Simalungun, Dairi, Prov Nangroe Aceh Darusalam, Langkat dan Deli Serdang, sehingga tidak tertutup kemungkinan masuknya, gelandangan dan pengemis dari kabupaten tetangga.

Alasan ini dikemukakan karena kalau orang Karo mengidap kelainan mental (orang gila) akan dijaga pihak keluarga, sehingga jarang ditemukan di jalan-jalan orang gila yang ditertibkan, karena daerah ini masih kental dengan budaya “merga silima”.

Meskipun demikian, tidak tertutup pula kemungkinan bahwa, munculnya orang gila di Karo yang sudah lepas dari panti. “Untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban dari gangguan suasana akibat aktifitas orang gila, gelandangan dan pengemis, diminta kepada masyarakat agar langsung melaporkan keadaan kepada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Karo sewaktu jam dinas,” ujar Usaha Purba.(Andalas)

Categories: Sosial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: