Home > Pariwisata > Tanah Karo “Diserbu” Wisatawan

Tanah Karo “Diserbu” Wisatawan

Wisatawan memadati kawasan Bukit Kubu Berastagi (Sora Sirulo)

Puluhan ribu wisatawan berasal dari luar Kabupaten Karo, sejak Sabtu (18/8) hingga Rabu (22/8) menyerbu berbagai objek wisata daerah itu. Para Wisatawan ini ingin menghirup udara segar pegunungan sekaligus memanfaatkan liburan Lebaran dengan mengunjungi sejumlah objek wisata.

Sejumlah hotel berbintang yang ada di sudut kota dan penginapan melati di sepanjang jalan protokol Kota Berastagi maupun di bukit Gundaling, yang beberapa hari belakangan terasa sepi dari wisatawan membludak dipenuhi wisatawan lokal maupun nusantara.

Hingga Rabu (22/8), wisatawan lokal dan nusantara yang datang tidak saja  mengendarai mobil pribadi, pick-up, tapi banyak juga bersama rekan-rekannya mengendarai sepeda motor secara rombongan maupun sendiri-sendiri.

Objek wisata yang ada di sekitar Berastagi, seperti Bukit Gundaling, Gunung Sibayak, Danau Lau Kawar, pemandian alam air panas belerang di Desa Jaranguda dan Doulu, Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan, Aneka Permainan Hotel Mickie Holiday dan Resort hingga obek wisata Tongging di bibir Danau Toba dan Taman Simalem Resort (TSR) yang juga menyajikan pemandangan keindahan alam Danau Toba terlihat dipenuhi puluhan ribu wisatawan.

Menurut beberapa petugas hotel berbintang di Berastagi, kehadiran wisatawan lokal maupun nusantara mulai  dirasakan sehari menjelang perayaan Idul Fitri, dengan terlebih dahulu melakukan pembookingan kamar baik dari rumah mereka maupun melalui ponsel.

Menjelang Sabtu malam (18/8), jumlah wisatawan  nusantara semakin banyak yang datang. Malah, sejumlah hotel dan penginapan tidak mampu lagi menampung sehingga terpaksa mengirimkan sebagian tamunya kepada hotel lainnya yang sesuai dengan keinginan tamu.

S Sigith (42) manajemen Berastagi Cottage Hotel dan Resort, mengaku kalau selama libur lebaran hotelnya dipenuhi wisatawan nusantara yang memanfaatkan liburan Idul Fitri menikmati kota wisata Berastagi.

Sementara, dari lokasi objek wisata Tongging  dan penatapen Sipiso-piso, Merek, Kabupaten Karo, persis di sebelah utara Danau Toba dilaporkan tidak beda jauh dengan Berastagi yang juga ramai dikunjungi wisatawan. Tingkat hunian di beberapa penginapan  terlihat dipenuhi pengunjung untuk melihat dari dekat keindahan alam air terjun Sipiso-Piso maupun Danau Toba yang menjadi ikon pariwisata Sumut.

Demikian juga di objek wisata Danau Lau Kawar yang persis berada di kaki Gunung Sinabung. Keramaian pengunjung dilokasi itu mendatangkan rezeki bagi warga sekitar. “Selama libur lebaran, pengunjung dari berbagai penjuru daerah di Sumatera Utara, maupun dari Tanah Karo sendiri, cukup membludak menikmati panorama asli alam pegunungan Sinabung,” katanya.(Andalas)

Categories: Pariwisata
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: