Home > Sosial > 1.000 Penderita Katarak Berobat Gratis di Polres Karo

1.000 Penderita Katarak Berobat Gratis di Polres Karo

Pengobatan katarak gratis di Mapolres Karo (Andalas)

Menyambut Hari Kesatuan Bhayangkara ke-60 tahun 2012, Pengurus Cabang (PC) Bhayangkari Polres Tanah Karo  bekerja sama dengan Yayasan Budha Tzu Chi, menjaring 1.000 peserta operasi katarak mata melalui screening, Sabtu (25/8) di Aula Purpur Sage Mapolres Karo.

Kegiatan bertajuk operasi 1.000 mata katarak gratis ini, merupakan tindak lanjut program bakti sosial dari Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Polda Sumut diketuai Ny Mutiara Wisjnu Amat Sastro.

“Pengurus Cabang (PC) Bhayangkari Pores Tanah Karo meneruskan kegiatan tersebut di Kabanjahe, sekaligus  menyikapi tindak lanjut suksesnya pelaksanaan HUT Bayangkari 1 Juli lalu di seluruh jajaran Poldasu dalam rangka meningkatkan kualitas dan volume kegiatan” ujar Ny Sylvia Marcelino Sampouw.

Menurut Ny Marcelino, seluruh peserta operasi katarak gratis yang lulus melalui screening, selanjutnya akan dibawa ke RS Bhayangkara Jalan KH Wahid Hasyim Medan untuk menjalani operasi pada 9 September mendatang.

“Seluruh pembiayaan operasi ditanggung donatur dan Bhayangkari, alias gratis,” katanya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meringankan sebahagian beban saudara-saudara kita yang butuh perhatian. Setidaknya masyarakat dapat mengetahui seperti apa penyakit katarak itu. Sehingga masyarakat mengerti dan paham melakukan pencegahan sedini mungkin.

Berdasarkan data dihimpun dari masing-masing Polsek se-jajaran Polres Tanah Karo, untuk sementara penderita katarak yang harus segera mendapatkan penanganan medis sekitar 243 orang, mungkin kalau di telusuri lebih jauh lagi, masih banyak lagi saudara-saudara kita yang belum terdata.

Untuk itu diimbau kepada masyarakat supaya menjaga kesehatan matanya. Secara khusus masyarakat diminta supaya hati-hati mengonsumsi tuak, karena tuak dapat mengganggu kesehatan mata,”terang Ketua PC Bhayangkari Cabang Tanah Karo berdarah batak ini.

Pada kesempatan itu, Ny Silvia Marcelino dan Kapolres Karo AKBP Marcelino Sampouw SIK SH MT menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Budha Tzu Chi, yang telah mengutus tim relawannya melakukan kerjasama dengan PC Bhayangkari Polres Tanah Karo melaksanakan screening mata katarak di Aula Purpur Sage Mapolres Karo.

“Kami berharap kegiatan sosial ini jangan hanya sampai di sini saja, tapi hendaknya berkelanjutan, sehingga apa yang kita perbuat dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Ketua tim relawan operasi katarak dari Yayasan Budha Tzu Chi  Area 5 (Karo, Dairi, Pakpak Barat), Sofjan Tjiawi mengatakan, kegiatan yang sama sebelumnya juga telah dilaksanakan di Pakpak Barat dan Dairi, dan kegiatan sosial ini tidak hanya sebatas operasi mata katarak saja, tetapi juga di bidang pendidikan, kesehatan dan kegiatan sosial lainnya.

“Perlu diketahui, Yayasan Budha Tzu Chi dalam menjalankan kegiatan sosialnya, relawan yang bekerja dalam yayasan ini terdiri dari berbagai suku dan agama,” tutur Sofyan sembari menyebutkan Tzu-Chi berdiri Tahun 1966 di Taiwan.(Andalas)

Categories: Sosial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: