Home > Infrastruktur > Belum Ada Rencana Relokasi Pasar Tigapanah

Belum Ada Rencana Relokasi Pasar Tigapanah

Akses masuk Pasar Tigapanah (Karo News)

Wacana relokasi pedagang dari pasar Tigapanah ke pasar Simpang Mulawari yang dilakukan Pemkab Karo tampaknya tidak benar. Pasalnya, Plt Kadis Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten Karo, Riadi Tarigan SE MM melalui Kabid Pasar Muhamad Cerah Sembiring, Senin (27/8) di ruang kerjanya membantah adanya rencana relokasi.

“Rencana relokasi Pasar Tigapanah yang diwacanakan selama ini tidak benar. Perataan tanah di Simpang Mulawari untuk membuat pasar, tidak ada izin dari pihak PPKAD. Namun kalau nantinya ada anggaran dari pemerintah pusat, boleh-boleh saja,” ujarnya.

Saat disinggung adanya pungutan Rp400 ribu – Rp 1 juta di pasar seluruh Tanah Karo untuk menerbitkan surat hak sewa dan surat hak sewa tersebut pun bisa diagunkan ke bank, dibantah Kabid Pasar PPKAD. “Tidak ada pengutipan. Kami saat ini hanya menjalankan surat edaran bupati tentang pemutahiran data kios-kios di pasar-pasar seluruh Tanah Karo. Surat hak sewa yang nantinya diterbitkan itu tidak berlaku diagunkan ke bank,” tegasnya.

Ditambahkan, besaran pungutan resmi sesuai perda tahun 2012 hanya Rp4 ribu per bulan bagi kios-kios yang ada di Pasar Tigapanah, Kabanjahe dan Berastagi. “Kalau ada pengutipan melebihi ketentuan perda bukan tanggung jawab saya,”katanya.

Terpisah, Kabid Perencanaan PPKAD, Dewi satriani juga membantah adanya rencana relokasi pedagang dari pasar Tigapanah ke pasar Simpang Mulawari. “Belum ada program relokasi yang kami terima dari bidang pasar, yang pasti kami masih mengelola Pasar Tigapanah dan bahkan anggarannya pun di tahun 2012 ini sudah kita buat, khususnya anggaran perbaikan kamar mandi serta septic tank,” katanya. (Andalas)

Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: