Home > Ekbis > Harga Sayuran di Karo Anjlok hingga 60%

Harga Sayuran di Karo Anjlok hingga 60%

Pajak Berastagi (medanmagazine.com)

Pasca-Lebaran, harga sayuran di Kabupaten Karo turun hingga 60%. Penurunan harga tersebut diperkirakan karena meningkatnya produksi sayuran di Kabupaten Karo dan produsen sayuran lainnya di sejumlah daerah di Sumut.

“Sayur mayur seperti kol, kentang, wortel, brokoli, kol bunga, sawi pait, sawi manis, tomat, buncis, daun soup, bawang pre, dan cabe merah kian hari semakin tidak ada kepastian harga,” kata Irma Surbakti, seorang pedagang sayuran di Pajak Berastagi, Senin (3/9).

Dipaparkannya, harga kol yang sebelumnya Rp1.200/kg, turun menjadi Rp 500/kg, kemudian kentang Rp 3.000/kg turun jadi Rp 2200/kg, wortel turun menjadi Rp1.600/kg dari yang sebelumnya Rp2.500/kg. Sementara itu bunga kol yang sebelumnya Rp1.700/kg turun menjadi Rp9.00/kg. Selanjutnya, brokoli turun dari yang sebelumnya Rp1.500/kg menjadi Rp800/kg, tomat Rp2.500/kg turun menjadi Rp1.400/kg serta harga cabe yang turun menjadi Rp20.000/kg dari harga sebelumnya Rp30.000/kg.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karo Mulia Barus, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penurunan harga komoditas sayuran tersebut di tingkat pengumpul. Menurutnya, hal ini dikarenakan di daerah sentra produksi sayuran lainnya mengalami peningkatan produksi, daerah tersebut seperti Simalungun, Sidikalang dan yang lainnya.

“Karenanya kami berharap, petani bisa meningkatkan daya saing yang baik. Hal ini mengingat pasar Kabupaten Karo dan daerah produsen lainnya hampir sama, yakni ke Aceh dan Medan,” ujar Mulia Barus.

Pemkab sendiri, lanjutnya, akan mengupayakan perluasan pasar komoditas sayuran Tanah Karo. Sehingga, lanjutnya, harga bisa membaik dan stabil. “Penurunan harga sayur saat ini, kami perkirakan tidak memakan waktu yang lama, seperti tahun sebelumnya,” tambah Mulia Barus. (Medan Bisnis)

Advertisements
Categories: Ekbis
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: