Home > Infrastruktur > Jalan Desa Sibolangit 36 Tahun Tak Pernah Diaspal

Jalan Desa Sibolangit 36 Tahun Tak Pernah Diaspal

Jalan Desa Sibolangit, Kecamatan Merek (Andalas)

Sejak tahun 1976 (36 tahun lalu), jalan ini sudah ada. Namun, sayangnya hingga sekarang tidak pernah lagi diaspal. Mungkin karena desa itu terpencil tidak termonitor pemerintah.

“Kami berencana menganggarkan alokasi Dana Desa (ADD) untuk pengaspalan, mengingat infrastruktur jalan ini sangat penting untuk mendongkrak laju perekonomian warga,” ujar Kepala Desa Sibolangit, Kecamatan Merek, Justiman Siboro kepada wartawan, Selasa (4/9).

Menurutnya, bahwa kondisi jalan tersebut sudah sangat mendesak untuk diaspal dan dilebarkan untuk menunjang perekonomian warga desanya yang terdiri dari 3 dusun yakni, Dusun Atas Hapohan, Dusun Pea Pira dan Dusun Sihadukka. Kondisi jalan kabupaten yang menghubungkan desa ini ke Tongging dan selanjutnya ke Merek, membuat warga susah untuk memasarkan hasil pertanian.

“Selain itu, Teluk yang ada di Dusun Sihadukka bisa juga difungsikan untuk Daerah Tujuan Wisata (DTW) kalau akses jalannya sudah bagus tentunya,” ujarnya.

Siboro menyebutkan, Desa Sibolangit, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo tersebut berpenghasilan tanaman pertanian jagung, jahe, kopi dan padi gogo di samping buah mangga pada musimnya. Desa tersebut juga sudah masuk listrik (PLN) atau penerangan pada 1990 lalu, demikian juga air minum pada tahun 1993 oleh Pemkab Karo.

Ketika ditanya keberadaan dan kondisi warga desanya, Siboro juga mengakui bahwa dari 107 Kepala Keluarga (KK) sebanyak 82 KK terdaftar sebagai penerima Raskin dari Pemerintah.

“Inilah kondisi dan keadaan desa kami. Saya sendiri berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karo yang sudah menaikkan gaji Kepdes dari Rp 600 ribu menjadi Rp 900 ribu. Mudah-mudahan tahun ini jadi dinaikkan menjadi Rp 1.100.000,” imbuhnya.

Sebelumnya, Camat Merek Data Martina Ginting AP MSi menyebutkan, Desa Sibolangit sangat berpotensi untuk DTW karena memilik teluk dan semenanjung yang sangat unik dan menarik, ditambah dengan pantainya yang lumayan luas.(Andalas)

Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: