Home > Infrastruktur > Kualitas Proyek Pemeliharaan Jalan di Lingga Mengecewakan

Kualitas Proyek Pemeliharaan Jalan di Lingga Mengecewakan

Proyek pemeliharaan jalan di Lingga (Andalas)

Kualitas fisik proyek pemeliharaan berkala jalan provinsi di Karo, pada ruas Kabanjahe-Kuta Rakyat menggunakan anggaran APBD Sumut TA 2012 senilai Rp 4,8 miliar untuk panjang efektif 3 km yang dimulai 11 Juni 2012 sangat diragukan.

Timbulnya keraguan pada proyek yang dikerjakan PT Dian Perkasa dengan nomor kontrak  602.1/DBM/-UPTD/K/896/2012 ini, berdasarkan sebagian badan jalan yang sudah dikerjakan terkesan kurang aspal dan masih berlubang pori-pori besar.

“Jalan di seputaran Simpang Lingga ini baru dua hari selesai direhab, tapi hasilnya kurang memuaskan.Berapa lamalah tahan kalau begini hasil kerjanya, perlu dipertanyakan ini,”ujar warga bermarga Sembiring (40), Selasa (4/9) di Simpang Lingga, Kecamatan Simpang Empat.

Lebih jauh dikatakan Sembiring, tulisan plang proyek juga terkesan mengelabui warga yang melintas. Pasalnya, di plang proyek tidak dibubuhkan tanggal selesai pengerjaan dan sumber dananya. Hal ini sudah jelas diatur sebaik mungkin untuk menyunat dana tersebut.

Sementara pantauan di areal proyek, badan jalan yang baru dikerjakan bukan hanya di areal simpang Desa Lingga saja yang tampak cacat mutu. Sekitar 200 meter dari simpang tersebut masih ada hasil kerja yang perlu diperhatikan. Karenanya ada dugaan adanya praktik penciutan material yang selayaknya difungsikan.

Sartono, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari UPTD Dinas Bina Marga Provsu, ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa (4/9) lewat telepon genggamnya mengatakan, hasil itu sudah maksimal.”Kalau masalah adanya keraguan warga terhadap hasil fisik proyek kita, sudah ada Lab yang menentukan,” katanya.

Saat disinggung pengawasan rutin, Sartono menyebutkan, pihak Dinas PU Bina Marga dan rekanan konsultan (CV Prima Rancang Consultan) selalu melakukan pengawasan setiap hari sejak pekerjaan dilaksanakan. “Dana proyek tersebut bersumber dari APBD Sumut TA 2012 dan kegiatan berakhir pada 19 Oktober 2012,” tambahnya. (Andalas)

Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: