Home > Pemerintahan > Pemkab Karo Cairkan ADDP Rp103 Juta ke Desa Merdeka

Pemkab Karo Cairkan ADDP Rp103 Juta ke Desa Merdeka

Penyerahan berkas pencarian ADDP (Andalas)

Desa Merdeka, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo menjadi desa pertama di daerah itu, yang berhasil menyiapkan berkas pencairan Anggaran Dana Desa Proporsional (ADDP) Tahun 2012, Rabu (12/9). Kemampuan desa ini merupakan prestasi kerap dicatatkan selama tiga tahun terakhir.

Menurut Kepala Desa Merdeka, Karius Surbakti, selesainya berkas ADDP yang di dalamnya terdapat Peraturan Desa (Perdes) yang menyangkut alokasi dana pembangunan, nantinya akan menjadi cikal bakal penerapan pembangunan di desanya, tak lain dikarenakan hadirnya kerjasama antara seluruh perangkat desa, masyarakat, Camat Merdeka, dan Badan Pemberdayaan Pemerintahan dan Masyarakat Desa (BPPMD) Kabupaten Karo.

Ketika acuan program dijalankan, pihaknya langsung merespon dengan melakukan serangkaian langkah sebagaimana diterakan dalam kebijakan pokok program ADDP di Kabupaten Karo. Tak heran, hanya memakan waktu singkat, peraturan desa dihasilkan yang kemudian dievaluasi secara baik oleh Bagian Pemdes Setdakab Karo sampai akhirnya bergulir ke Sekdakab Karo, BPPMD dan Dinas PPKAD, selaku instansi yang mencairkan dana mereka.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2012, Desa Merdeka menerima ADDP sebesar Rp103 juta plus honor perangkat desa. Dalam kegiatannya, dana ini ditambah lagi dengan Pendapatan Asli Desa senilai Rp4,7 juta yang berasal dari Retribusi Air Minum Desa. Sesuai yang telah ditetapkan, dana itu dibagi dua, untuk belanja tak langsung dialokasikan sebesar Rp59,7 sedangkan belanja langsung sebesar Rp48,1 juta.

Kepala BPPMD Karo, Almina Br Bangun didampingi Kabid Program Sumarni Br Ginting, mengatakan total dana ADDP se-Kabupaten Karo sejumlah Rp24,9 miliar. Dari jumlah yang disebar ke 259 desa ini, Desa Rumah Berastagi, Kecamatan Berastagi menjadi desa paling tinggi mendapatkan ADDP senilai Rp172 juta. Sedangkan Desa Kuta Bale, Kecamatan Tiga Panah adalah desa yang paling sedikit memperoleh dengan besaran Rp76 juta.(Andalas)

Categories: Pemerintahan
  1. Ma Iting
    13/09/2012 at 7:48 am

    Semoga alokasi dana tepat guna, bebas potongan, dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Merdeka.

    Like

  2. 17/10/2012 at 10:23 am

    Uga makan 1 (sada) kuta ngenca cair??
    Kuta sideban ngekai maka la cair, berarti kurang kap pembinaan Badan PMPD ke aparat desa, pdhal lit 259 kuta se. Kabupaten Karo.

    Like

  3. Keling Nari
    09/02/2013 at 10:52 am

    Cair gia Bi, adi dalan KUta PE baGI dalaN Ku deleNG..
    wkwkwkwkwkwk😛

    Like

  4. Iskandar
    20/07/2013 at 3:48 am

    Salut buat kepala desa merdeka dan kepala desa rumah berastagi, semoga kepala desa lain bisa mencontoh.

    Like

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: