Home > hukum > Pembunuhan 3 Warga Karo di Nias Bermotif Perampokan

Pembunuhan 3 Warga Karo di Nias Bermotif Perampokan

Kapolres Nias saat memberikan instruksi kepada anggotanya (Andalas)

Kapolres Nias AKBP Mardiaz K Dwihananto mengungkapkan, motif pembunuhan tiga orang warga Karo, Kolimarinus Zega (56), Jimmy Girsang (53) warga Desa Pancur Batu, Kecamatan Merek, dan Rugun Br Haloho (43) warga Desa Naga Lingga, Kecamatan Merek, Kabupaten Tanah Karo di wilayah hukumnya, murni perampokan.

“Dari hasil pemeriksaan kedua tersangka yang berhasil kami tangkap, YT alias Ucok alias Doni (17) dan AT alias Ama Gamawa (35) warga Desa Hilionozega, Kecamatan Idanogawo, motifnya murni perampokan, tidak ada unsur lain. Hasil rampokannya, tiap-tiap pelaku memperoleh bagian Rp1 juta,” kata Mardiaz, Minggu (16/9) malam.

Lebih lanjut Mardiaz menjelaskan, sebelum peristiwa perampokan disertai pembunuhan sadis ini terjadi, ketiga korban mendapatkan informasi via telepon dari tersangka Ucok. ucok menyebutkan di Desa Gunungtua, Kecamatan Tugala Oyo terdapat hewan tokek dengan bobot yang cukup berat sehingga memiliki harga jual yang tinggi di pasaran.

“Setelah mendapat telepon dari tersangka YT, pada Senin, 23 April 201 ketiga korban berangkat menuju Kepulauan Nias dan tiba di Bandara Binaka sekira pukul 17.30 WIB. Setibanya di Nias, ketiga bertemu dengan kedua tersangka,” tambah Mardiaz.

Pada saat itu, sambung Mardiaz, sopir travel di Bandara Binika menolak membawa ketika korban ke Kecamatan Tugala Oyo di wilayah Kabupaten Nias Utara karena medan yang cukup jauh. Karena sopir travel menolak mengantar ketiga korban, salah seorang tersangka kemudian menghubungi tiga orang tersangka lainnya, MH, Als APH, dan Als AFH.

Setelah itu, MH, Als APH dan Als AFH datang dengan mengendarai sepeda motor lalu membonceng dan membawa ketiga korban. Sesampainya di Desa Gunung Tua tepatnya di persimpangan jalan lewat rumah pelaku Als APH, para tersangka menghentikan sepeda motor.

“Di sana mereka menunggu teman tersangka lainnya berinisial RH Als AS dan seorang lainnya yang tidak dikenal dengan ciri-ciri bertubuh gemuk,” jelas Mardiaz.

Tak lama kemudian, mungkul tersangka misterius itu dan langsung membacok tubuh korban Kolimarinus Zega dari belakang dengan sebilah parang sehingga korban tersungkur ke tanah. Saat bersamaan, para tersangka lainnya, RH Als AS, MH, AT alias Ama Gawama memukul, membacok, menikam korban Jimmi Girsang.

Rugun Br Haloho juga tak luput dari serangan para tersangka. Punggung wanita ini ditikam bertubi-tubi oleh Als AFH dan Als APH. Setelah dipastikan tidak bernyawa lagi, ketiga korban yang dalam kondisi berlumuran darah di tanah kemudian diangkat para tersangka dan dibuang ke jurang yang berjarak sekitar 20 meter dari lokasi pembantaian.

Para tersangka kemudian mengambil barang-barang berharga milik para korban dan sejumlah uang kemudian kembali ke rumahnya masing-masing. Sejak kejadian itu, pihak keluarga korban tidak tau lagi keberadaan korban. Lima hari kemudian, tepatnya pada 28 April 2012, salah seorang kerabat dekat korban Petrus Letnan Halomoan Purba melaporkan kehilangan korban ke Polres Nias.

Setelah menerima laporan tersebut, petugas Reskrim Polres Nias langsung melakukan penyelidikan dan memeriksa sejumlah saksi termasuk sopir travel. Darinya diketahui bahwa ketiga korban sebelumnya dijemput 5 orang laki-laki, seorang di antaranya, YT alias Ucok.

Kecurigaan petugas Reskrim Polres Nias semakin menguat terhadap tersangka YT alias Ucok di mana tersangka yang diketahui tinggal di Desa Hiliono Zega, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias tidak berada di tempat.

Dan pihak keluarga yang dikonfirmasi petugas juga tidak mengetahui keberadaanya namun menginformasikan tersangka pernah memberikan kabar saat ini dirinya beserta 3 orang yang tidak diketahui identitasnya sedang berada di Kecamatan Tugala Oyo.

Penyelidikan secara intensif personil Satreskrim terus dilakukan dengan menyisir beberapa desa di Kecamatan yang diduga telah disinggahi para pelaku dan korban di antaranya Kecamatan Idanogawo, Ulugawo, Hiliserangkai, dan Tugala Oyo. Namun tidak juga membuahkan hasil, bahkan keluarga tersangka yang didatangi personel untuk kali kedua secara mengejutkan raib dari kediamannya di Desa Hiliono Zega, Kecamatan Idanogawo.

Selanjutnya Kapolres Nias AKBP Mardiaz K Dwihananto SIK MHum beserta Perwira Staf melakukan berbagai analisis dan evaluasi upaya penyelidikan kasus tersebut. Dari hasil anev, polisi menemukan titik terang keberadaan tersangka di  Kecamatan Tambusei, Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau.

Setelah mengetahui keberadaan tersangka di Riau, petugas Reskrim Polres Nias langsung meluncur ke Riau dan berhasil menangkap dua orang tersangka. Untuk dilakukan pemeriksaan dan pengembangan, kedua lalu diboyong ke Mapolres Nias.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka YT keterlibatnnya dalam kasus pembunuhan terhadap ketiga Korban tersebut di atas. Dalam pemeriksaan tersangka juga mengakui ketiga korban setelah dibunuh mayatnya di buang ke jurang kawasan Dusun Hiliwaoya Desa Gunungtua, Kecamatan Tugala Oyo, Kabupaten Nias Utara.

Menindaklanjuti keterangan tersangka, pada Jumat 14 September 2012 sekira pukul 07.00 WIB, Kapolres Nias AKBP Mardiaz K Dwihananto SIK M.Hum bersama dengan personil gabungan Satfung dan Polsek sejumlah 58 personel selanjutnya berangkat kejurang dimaksud untuk melakukan penyidikan lebih lanjut terkait keterangan yang diberikan kedua tersangka.

Dari hasil oleh TKP ditemukan sejumlah bukti-bukti petunjuk di antaranya barang-barang berharga milik korban serta tulang belulang yang diduga berasal dari tubuh para korban.  Hingga saat ini, Polres Nias masih melakukan penyidikan mendalam terkait kasus tersebut serta pencarian terhadap keberadaan para tersangka lainnya.(Andalas)

Advertisements
Categories: hukum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: