Home > Pemerintahan > Bupati Karo Sampaikan Nota Pengatar Raperda Pertanggungjawaban

Bupati Karo Sampaikan Nota Pengatar Raperda Pertanggungjawaban

Bupati Karo Kena Ukur Surbakti (dok)

Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti menyampaikan nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Karo tahun anggaran 2011, Kamis (20/1).

Sidang paripurna dengan agenda rapat nota pengantar Bupati Karo Raperda tentang pertanggungjawaban, dihadiri 29 dari 35 orang anggota dewan. Sidang ini dipimpin langsung Ketua DPRD Karo, Effendy Sinukaban SE, didampingi kedua wakilnya Ferianta Purba SE dan Onasis Sitepu ST berlangsung singkat dan lancar.

Mengawali nota pengantar, Bupati Karo mengatakan, Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2011 telah disampaikan melalui surat Bupati Karo Nomor 903/1405/DPPKAD/2012 tanggal 31 Juli 2012 dan rujukan penyusunan Ranperda yang diajukan mengacu kepada pasal 102, PP Nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah dan pasal 229 Permendagri Nomor 21 tahun 2011 tentang perubahan kedua atas Permendagri Nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah yang pada gilirannya nanti dievaluasi sesuai Permendagri Nomor 65 tahun 2007 tentang pedoman evaluasi Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

Karo Jambi menyebutkan, realisasi pendapatan tahun anggaran 2011 adalah sebesar Rp650,2 miliar dari target sebesar 636,5 miliar atau mencapai 102,16%. Dari pendapatan itu, kontribusi masing-masing kelompok Pendapatan Daerah sebagai berikut, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak daerah, retribusi daerah, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah, dengan realisasi keseluruhan sebesar Rp35,3 miliar dari target sebesar Rp31,1 miliar atau mencapai 113,53%.

Sedangkan, dana perimbangan pusat merupakan pendapatan yang diperoleh dari Pemerintah Pusat yang terdiri dari bagi hasil pajak dan bagi hasil bukan pajak, Dana Alokasi Umum (DAU) dan dana Alokasi Khusus (DAK), terealisasi sebesar Rp515,4 miliar dari target sebesar Rp506,7 miliar atau mencapai 101,72 %.(Andalas)

Advertisements
Categories: Pemerintahan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: