Home > Pendidikan > Sosialisasi BOS untuk Madrasah Digelar di Berastagi

Sosialisasi BOS untuk Madrasah Digelar di Berastagi

Logo BOS (korantangerang.com)

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan salah satu program pemerintah di bidang pendidikan yang terbilang sukses besar. Untuk itu, penyalurannya harus tepat sasaran dan transparan.

“Bukan hanya penggunaannya, juga harus sesuai dengan jumlah riil murid di sekolah tersebut,” ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karo melalui Kasi Pendidikan Agama Islam dan Pemberdayaan Masjid, Karni Harahap SAg dalam Sosialisasi BOS ke Madrasah Kabupaten Karo Tahun 2012 di Hotel Enasti Berastagi, kemarin.

Dikatakannya, BOS dikucurkan dari dana APBN dengan perhitungan tertentu sesuai dengan jumlah murid yang ada di madrasah. Itu juga salah satu bukti, kalau pemerintah konsisten terhadap peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di daerah. Program BOS, kata Karni Harahap, harus disosialisasikan agar bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. Bukan itu saja, kepala sekolah, bendahara serta komite sekolah agar bisa saling kontrol dan berpedoman pada aturan yang benar.

“Pengelolaan dana BOS selain diharapkan tepat sasaran, para pengelola dapat mengetahui tupoksinya, serta yang paling pokok adanya transparansi penggunaan dana BOS,” tegasnya. Bantuan BOS yang dimulai sejak bulan Juli 2005, telah berperan secara signifikan dalam percepatan pencapaian program wajar 9 tahun dan 12 tahun.

Oleh karena itu, mulai tahun 2009 pemerintah telah melakukan perubahan tujuan, pendekatan dan orientasi program BOS, dari perluasan akses menuju peningkatan kualitas. “Secara umum program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan yang bermutu,”imbuhnya.

Di hadapan puluhan kepala, bendahara BOS dan KTU Madrasah penerima dana BOS se-Kabupaten Karo ini, Karni menekankan perwujudan pengelolaan dana BOS dilakukan secara profesional melalui sistim tepat guna, waktu, sasaran dan tepat jumlah. Sementara, Ketua Panitia Tuah Aman SAg mengharapkan sosialisasi mampu menyampaikan petunjuk dan teknis pengelolaan BOS pada madrasah dan Pondok Pesantren Salafiah (PPS) serta mewujudkan akuratisasi data siswa penerima dana BOS.(Andalas)

Advertisements
Categories: Pendidikan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: