Home > Pemerintahan > Demonstran Tuntut DPRD Karo Konsisten Usut Pungutan Tambang Dolomit

Demonstran Tuntut DPRD Karo Konsisten Usut Pungutan Tambang Dolomit

Pengunjuk rasa berorasi di halaman DPRD Karo (Sora Sirulo)

Ratusan orang yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Karo (GMPK) dan LSM LIRA menggelar aksi unjuk rasa di pelataran Gedung DPRD Kabupaten Karo pagi tadi (2/10) sejak pukul 09.00 WIB.

Para pengunjuk rasa ini menuntut para anggota DPRD Kabupaten Karo melaksanakan tugasnya dengan benar dan memihak rakyat. GMPK mengimbau fraksi di DPRD Karo konsisten mempertanyakan dasar hukum pengutipan PAD dari sumbangan pihak ke tiga yang bersumber dari pertambangan dolomit.

Mereka meminta DPRD menolak nota jawaban Pemkab Karo tentang sumbangan pihak ke tiga yang jelas-jelas melanggar ketentuan yang berlaku. “Terapkan UU No.32/2004 tentang Pemerintah Daerah Pasal 28 s/d Pasal 32 terkait kebijakan penerimaan sumbangan pihak ketiga yang menindas masyarakat yang dilakukan Bupati,” seru para penghunjuk rasa.

Dalam unjuk rasa ini, GMPK turut menampilkan aksi teaterikal tetang hubungan antara pemerintah dengan anggota DPRD. Usai teaterikal, keadaan memanas dengan adanya saling kejar-kejaran di dalam kerumunan pengunjuk rasa karena dicurigai ada provokator.

Keadaan dapat segera ditenangkan pihak kepolisian yang mengawal para pengunjuk rasa sehingga tidak meluas menjadi perkelahian. Para penghunjuk rasa diterima oleh Onasis Sitepu (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karo) dan Saut Gurning (anggota DPRD). Mereka berjanji akan melaksanakan apa yang diharapkan oleh rakyat.

Selanjutnya, mereka menyatakan terburu-buru karena sebentar lagi akan dilaksanakan rapat pengesahan RAPBD dan mengharapkan pengunjuk rasa bisa memakluminya. Usai menyampaikan aspirasinya di Gedung DPRD, para pengunjuk rasa berkumpul makan siang.
Setelah itu, rencananya mereka akan berjalan menuju Kantor Kejaksaan, Kantor Pengadilan Negeri dan Kantor Bupati Karo untuk tuntutan yang sama, yaitu keberpihakan terhadap rakyat.(Sora Sirulo)

Advertisements
Categories: Pemerintahan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: