Home > hukum > GMPK Tuntut Kajari Kabanjahe Mundur

GMPK Tuntut Kajari Kabanjahe Mundur

Aksi bakar ban GMPK di Kejari Kabanjahe (Andalas)

Ratusan orang yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Karo (GMPK), melampiaskan kekesalannya dengan cara bakar ban di depan kantor kejaksaan negeri (Kejari) Kabanjahe, Selasa (2/10) petang.

Aksi tersebut sebagai bentuk kecaman terhadap kinerja kejakasaan yang dinilai tidak independen serta atas adanya kebijakan Pemkab Karo terkait pertambangan galian C dolomit yang diduga menyimpang sesuai ketentuan hukum.

Dalam orasinya pengunjuk rasa sempat berteriak dan saling dorong dengan pihak kepolisan. Mereka meluapkan kekecewaannya terhadap kejaksaan dalam menangani perkara kasus yang menimpa supir/pemilik truk  Josua Bangun dinilai ada konspirasi tingkat tinggi.

Dalam orasinya pengunjuk rasa mengemukakan aparat hukum berlaku diskriminatif dalam menangani kasus-kasus hukum. Massa mencontohkan kasus yang menimpa Josua Bangun sudah berlarut-larut penangananya, masih P-19 (berkas belum lengkap) terus dan bahkan ada dugaan upaya terhenti penanganannya.

Para demonstran juga mendesak Kajari Kabanjahe mundur dari jabatannya jika tidak mampu menuntaskan kasus-kasus rakyat. “Tegakkan hukum sesuai ketentuan hukum. Kami tidak bisa mengintervensi  hukum, tapi kami butuh kepastian hukum,”teriak pengunjuk rasa.

Suasana sempat memanas saat sejumlah aparat kepolisian dan pegawai kejari Kabanjahe berupaya memadankan api yang sedang menyala.  Pengunjuk rasa langsung emosi sembari menghentikan upaya pemadaman api yang dilakukan oleh pihak keamanan.

Tidak hanya itu, pihak kepolisian  yang kewalahan, pengunjuk rasa saat mereka menambah ban-ban bekas yang hendak dibakar.  Bahkan saat massa  berteriak hendak menerobos pintu masuk ke Kejari Kabanjahe.

Situasi mereda setelah Kepala Kejari Kabanjahe Muda Hutasuhut datang menemui pengunjuk rasa. Kita akan secepatnya menutaskan kasus yang menimpa Josua Bangun itu,”janji Hutasuhut didampingi Dandim 0205/ TK Letkol Kav Prince Meyer Putong.

Setelah menyampaikan aspirasinya, massa segera membubarkan diri dengan tertib dibawah kawalan petugas kepolsian. Sebelumnya massa berunjuk rasa di Pengadilan Negeri Kabanjahe dan diterima oleh Ketua PN Kabanjahe Sri Kuncoro SH.(Andalas)

Categories: hukum
  1. Safari sinulingga
    04/10/2012 at 7:14 am

    Maju terus GMPK sikat habis pejabat yang punya moral bobrok dan korup

    Like

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: