Home > Religi > 25 Calhaj Karo Pamitan kepada Bupati

25 Calhaj Karo Pamitan kepada Bupati

Calon haji saat berpamitan kepada Bupati Karo (Andalas)

Bupati Karo Kena Ukur Surbakti meminta jemaah calon haji Kabupaten Karo setibanya di tanah suci nanti mendoakan Kabupaten Karo agar menjadi lebih baik lagi.

“Kiranya sampainya di tanah suci, bapak dan ibu berdoa agar bangsa kita, khususnya Kabupaten Karo bisa lebih baik dan terhindar dari marabahaya,” harap bupati, sesaat setelah melakukan tradisi budaya, “Njujungi Beras Piher” kepada jemaah calon haji di Aula Kantor Bupati Karo, Rabu (3/10).

Sesuai dengan tujuan tradisi Njujungi Beras Piher, sebagai upacara ucapan syukur agar selamat serta sukses dalam menjalankan tugas tertentu, bupati mengharapkan Calhaj bisa menjadi haji mabrur dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat.

Meraih haji mabrur itu, kata Karo Jambi, tidak hanya tergantung dalam rangkaian ritual ibadah. Tapi, jauh lebih penting adalah penghayatan dari pelaksanaan ibadah itu sendiri yang dapat melahirkan perubahan perilaku dalam kehidupan sehari-hari sekembalinya dari tanah suci.

Kemabruran diukur bukan saja sejauh mana seseorang makin saleh secara individual, yang terpenting saleh secara sosial. “Sekembalinya dari tanah suci nanti, agar jemaah haji Karo bisa menjadi teladan dan panutan di tengah kemajemukan masyarakat dalam membina persatuan dan kesatuan di daerahnya masing-masing,” katanya.

Sementara, Kepala Staf Penyelenggara Haji Kabupaten Karo, Drs Mardinal Tarigan MA didampingi Kasi Urais dan Penyelenggara Haji Kemenag Karo, Abdul Fahri SAg menyebutkan, 25 jemaah haji Kabupaten Karo, terdiri dari 10 pria dan 15 wanita.

Jemaah tertua asal Kabupaten Karo yang berangkat tahun ini, Aman Syam bin Ahmad Daud (84), dan termuda Saidah Syawal binti Khalifah (47). Mereka tergabung dalam kloter 15 Embarkasi Polonia Medan bersama 359 calhaj Kabupaten Labuhan Batu dan 62 calhaj Kota Padang Sidimpuan.

Ke-25 calhaj ini rencananya akan dilepas dari Masjid Istihrar Berastagi, Sabtu (6/10) dan langsung diberangkatkan ke Asrama Haji Medan. Dijadwalkan, akan berangkat menuju tanah suci, Minggu (7/10) Pukul 07:15 WIB.(Andalas)

Categories: Religi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: