Home > Sosial > Deklarasi, Gebu Karo Bakal Kucurkan 50 Beasiswa

Deklarasi, Gebu Karo Bakal Kucurkan 50 Beasiswa

Gebu Karo (Facebook)

Yayasan Gebu Karo akan mendeklarasikan diri sebagai organisasi yang fokus pada pengembangan masyarakat Karo terutama dalam bidang pendidikan dalam waktu dekat.

“Deklarasi ini akan diadakan November mendatang di Berastagi,” ujar Ketua Dewan Pengawas Yayasan Gebu Karo Usaha Bangun Barus, Rabu (10/10).

Salah satu momen penting yang akan direalisasikan pada saat deklarasi adalah pemberian beasiswa kepada 50 orang pelajar Sekolah Dasar. Beasiswa ini diberikan salah seorang simpatisan Gebu Karo yang tinggal di Jakarta.

“Diharapkan beasiswa itu dapat membantu pelajar yang pintar namun kurang mampu secara ekonomi,” tambah Ketua Umum Yayasan Gebu Karo, Patris Ginting.

Besar beasiswa yang diberikan adalah Rp360.000/tahun. Beasiswa itu akan diberikan kepada 50 orang pelajar Sekolah Dasar yang berasal dari desa-desa di Kabupaten Karo.

Tahun depan Gebu Karo merencanakan melanjutkan pemberian beasiswa dan akan ditingkatkan jumlahnya menjadi 100 orang. Penerima beasiswa direncanakan adalah pelajar dari di seluruh daerah Tanah Karo (Kabupaten Karo, Tigalingga, Deli Hulu, Langkat Hulu dan Simalungun Atas).

“Untuk mewujudkan rencana ini, sejak sekarang, kami akan mengadakan survei supaya pemberian beasiswa tepat sasaran. Kami mengharapkan masyarakat proaktif memberikan informasi,” ujar Patris.

Selain pemberian beasiswa, juga akan dilakukan pendataan sarana fisik sekolah agar dapat diusulkan ke Kementerian Pendidikan sehingga bisa diperbaiki. Saat ini, tambahnya, beberapa warga Karo di Jakarta sedang mengupayakan pelatihan dan pembentukan kelompok perempuan berupa kelompok kerja kerajinan.

Kelompok ini akan memproduksi kerajinan dalam skala home industry berupa tenun, anyaman tikar, suvenir dan budi daya jamur. Pendanaan kegiatan home industry ini akan diupayakan dari Kementerian Perempuan dan Anak. (Sora Sirulo)

Categories: Sosial
  1. novi anggraeni milala
    10/12/2012 at 9:31 am

    bagaimana caranya agar bisa bergabung menjadi aktivis karo?mohon dijawab-bujur

    Like

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: