Home > Pertanian > Kelompok Tani di Tiganderket Dapat Bantuan 4 Traktor Tangan

Kelompok Tani di Tiganderket Dapat Bantuan 4 Traktor Tangan

Penyerahan traktor tangan kepada kelompok tani (Andalas)

Bupati Karo, DR (HC) Kena Ukur Surbakti mengatakan, bila ingin memacu pertumbuhan ekonomi di pedesaan salah satu prioritasnya adalah pengembangan sektor pertanian berbasis agribisnis.

Selain itu, organisasi merupakan wadah sangat penting dalam masyarakat, terutama kaitannya dengan penyampaian informasi (top down) dan panyaluran aspirasi (bottom up) para anggota. Dalam pertanian organisasi yang tidak kalah penting adalah kelompok tani.

Selama ini kelompok tani sudah terbukti menjadi wadah penggerak pengembangan pertanian di pedesaan. “Hal ini dapat dilihat dari manfaat kelompok tani dalam hal memudahkan koordinasi, penyuluhan dan pemberian paket teknologi,” kata bupati, saat memberikan bantuan empat hand traktor kepada empat kelompok tani di Desa Tiganderket Kecamatan Tiganderket, kemarin.

Lebih jauh, bupati mengajak warga desa berdialog terkait keluh kesah yang terjadi di daerah masing-masing. Alfianta Surbakti, warga desa Susuk mengharapkan bantuan hand traktor, karena bibit durian yang telah diberikan pemerintah telah ditanam di lokasi seluas 25 hektar di desa itu.

Sementara, lokasi itu tidak dapat digunakan traktor besar sehingga kami sangat butuh hand traktor. “Kalaupun tahun ini belum terealisasi, kiranya tahun depan kami telah menerimanya,” harapnya.

Sedangkan Adir Bangun, mewakili warga Desa Jandi Meriah berharap supaya irigasi di desa mereka diperbaiki. Karena lahan yang ada belum dapat ditanami, dikarenakan air kurang mencukupi.

Menyikapi keluhan masyarakat itu, bupati mengimbau Kepala Dinas  PUD Karo dan Dinas Pertanian bersama jajarannya agar proaktif dalam membantu petani mengakses berbagai skim pembiayaan bidang pertanian yang telah diprogramkan pemerintah.

“Program Usaha Agribisnis Pertanian (PUAP), Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E), harus dimaksimalkan,”katanya. (Andalas)

Categories: Pertanian
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: