Home > Pemerintahan > Bakohumas Karo Diminta Berperan Cairkan Kebekuan Informasi

Bakohumas Karo Diminta Berperan Cairkan Kebekuan Informasi

Bupati Karo saat melantik Bakohumas Karo masa bakti 2012-2015 ditandai pemberian petaka kepada Drs Robert Peranginangin sebagai ketua.(Andalas)

Bakohumas bagi Pemerintah Kabupaten Karo, adalah sebuah lembaga yang  sangat strategis dalam mewujudkan transformasi informasi kepada mayarakat yang sangat heterogen.

Demikian dikatakan Bupati Karo, DR (HC) Kena Ukur Surbakti saat melantik pengurus Badan Komunikasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kabupaten Karo periode 2012 – 2015, Rabu (10/10) di aula kantor bupati.

Dikatakan, Bakohumas merupakan wadah berhimpunnya Humas-Humas Pemerintah, TNI/POLRI dan BUMN/ BUMD yang diharapkan dapat menghimpun, mengolah data dan dapat menghasilkan  rumusan yang tepat tentang sosialisasi berbagai produk informasi yang akurat tepat dan dapat dipercaya.

Penyampaian informasi yang tidak akurat oleh pejabat humas akan berakibat pada ketidak percayaan  mayarakat pada suatu lembaga atau institusi.

“Karena itu perlu adanya  satu pintu informasi yang betul-betul menyajikan informasi berdasarkan data dan fakta yang tepat sehingga dapat menimbulkan  kepercayaan masyarakat,” terang Karo Jambi.

Humas tidak sekadar menyajikan informasi tersedia tapi mendesain, mengemas dan menggunakan medium untuk penyebar luasan informasi. “Keberadaan Bakohumas sebagai representasi para praktisi Humas Pemerintahan semakin memperjelas eksistensinya, jelasnya.

Karenanya, bupati berharap Bakohumas yang telah dilantik bisa menjadi garda terdepan dan titik sentral dalam merajut kebersamaan kehumasan di Tanah Karo. “Sehingga kebekuan informasi dan komunikasi semakin cair dan tidak ada lagi hambatan untuk mengalirnya komunikasi dua arah dari pemerintah kepada masyarakat maupun sebaliknya,” harapnya.

Pada bagian lain, bupati menjelaskan perubahan dan dinamika masyarakat yang begitu cepat dewasa ini menuntut sumber daya manusia (SDM) kehumasan yang lebih berkualitas. “Masyarakat semakin kritis dan tidak mau dilayani aparat yang lambat dan bertele-tele. Oleh sebab itu, peningkatan mutu SDM kehumasan merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dielakkan,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Bakohumas Provinsi Sumatera Utara, DR H Asren Nasution, MA mengatakan kehumasan memiliki peran penting, baik dalam pemerintahan maupun organisasi lain. Kehumasan yang professional dan handal akan berhasil mencairkan kebekuan informasi yang pada akhirnya akan membuat arus komunikasi berjalan lancar.

Pelantikan Bakohumas Kabupaten Karo diharapkan menjadi spirit dan motivasi membangun daerah ini menjadi lebih baik sekaligus sebagai jembatan emas penghubung aspirasi masyarakat dan pemerintah.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kami berikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Karo yang begitu respek kepada pelantikan Bakohumas. Tidak semua kab/kota di Sumut kepala daerahnya respek kepada Bakohumas,” ujar Asren Nasution, juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu.

Dikatakannya, Sumut memperoleh penghargaan terbaik ketiga untuk kategori badan publik terbaik dalam memberi informasi yang wajib diumumkan kepada publik. Penghargaan tersebut secara khusus diberikan oleh Wakil Presiden Boediono bertempat di Istana Wapres, Jakarta, bertepatan dengan peringatan “International Right to Know Day” atau Hari Hak Untuk Tahu Internasional.

Hal ini tentu saja sangat membanggakan. Karena, Sumut termasuk daerah yang benar-benar peduli dan mau menjalankan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dengan baik. Padahal UU tersebut baru mulai berlaku secara efektif tahun 2010 lalu.

Sedangkan, Ketua Bakohumas Kabupaten Karo, Drs Robert Perangian-angin SPd MSi menyebutkan, peranan kehumasan sangat penting dimasa sekarang ini. Karena itulah, seluruh jajaran kepengurusan diharapkan dapat saling berkoordiasi sehingga informasi yang disampaikan tidak berbeda antara satu dengan lainnya. (Andalas)

Categories: Pemerintahan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: