Home > Uncategorized > Kejari Kabanjahe Diminta Tuntaskan Dugaan Penyimpangan PNPM Kuta Kendit

Kejari Kabanjahe Diminta Tuntaskan Dugaan Penyimpangan PNPM Kuta Kendit

Logo PNPM

Kejaksaan Negeri(Kejari) Kabanjahe diminta menuntaskan dugaan penyimpangan Proyek Telford Prorgam Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) di Dusun Kuta Kendit, Desa Kuta Pengkih, Kecamatan Mardingding, senilai Rp346 juta yang bersumber 80% APBN dan 20% APBD Karo 2010.

Dugaan penyimpangan ini sudah dietelusuri Kejari Kabanjahe melalui Kacab Jari Tiga Binanga. Indikasi penyimpangan sudah ditemukan Tim Jaksa sewaktu pemeriksaan beberapa saksi dan survei ke lapangan.

“Jadi kami mengharapkan agar Kajari Kabanjahe Muda Hutasuhut SH segera menyelesaikan masalah ini,” tandas Wakil Ketua Permata Prabowo Prov Sumut, Gelora Tarigan, Senin (15/10).

Dikatakan Tarigan, pihaknya telah memiliki data-data sesuai hasil pulbaket Kejari Cabang Tiga Binanaga, karena indikasi penyimpangan ini berawal dari hasil investigasi pihak Permata Prabowo yang bekerja sama dengan Badan Anti Korupsi Indonesia (Bakindo) Kabupaten Karo beberapa bulan lalu.

“Dalam permasalahan ini, Hutasuhut memberikan petunjuk positif terhadap jajarannya guna mengusut tuntas penggunaan dana APBN dan APBD itu, yang semestinya sudah layak dinikmati para warga di desa tertinggal itu,” tambahnya.

Ia menyatakan prihatin ketika melihat data dokumentasi infrastruktur jalan dan pendidikan yang diserahkan jajarannya baru-baru ini ke Medan. Atas keprihatinan itu, jika masalah ini tidak segera dituntaskan Muda Hutasuhut maka pihaknya akan melanjutkan data-data tersebut ke pusat (Jakarta).

“Menurut pengamatan saya, menindak lanjuti masalah ini tidak sulit, hanya satu langkah lagi yaitu memanggil Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) bermarga Maha. Jadi kalau sudah memenuhi unsur sesuai ketentuan hukum, tunggu apalagi mumpung hotel prodeo masih sedikit penghuninya saat ini di Kabanjahe,” ucapnya.

Dia juga menekankan agar jaksa mengembangkan penyelidikan terhadap TPK terkait siapa saja yang ikut serta untuk menyukseskan dugaan penyimpangan penggunaan anggaran tersebut. Tarigan juga memperingatkan, jika ada tercium aroma 86 dalam permasalahan ini beliau berjanji akan tekan tombol lampu merah.

Kacab Jari Tiga Binanga Sumanggar Siagian SH MH, yang berkali-kali dikonfirmasi sejumlah wartawan, selalu berjanji memanggil pihak TPK. Namun hingga saat ini jaksa tersebut belum memberikan informasi soal perkembangan kelanjutan pengusutan kasus yang sudah ditindak lanjutinya.(Sumut 24)

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: