Home > hukum > Proyek Alat Peraga SD Senilai Rp2 Miliar di Karo Diduga Sarat Penyimpangan

Proyek Alat Peraga SD Senilai Rp2 Miliar di Karo Diduga Sarat Penyimpangan

Ilustrasi alat peraga pendidikan (peragapendidikan.com)

Anggota DPRD Karo Sentosa Sinulingga SH menilai pengadaan alat peraga yang dikelola Dinas Pendidikan Nasional Karo bagi 40 Sekolah Dasar (SD) bersumber dari APBD 2011 senilai Rp2,04 miliar dengan alokasi tiap sekolah minimal senilai Rp46,6 juta diduga sarat penyimpangan.

Pasalnya, pengadaan yang terdiri dari alat peraga pembelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa, Pendidikan Jasmani, Olahraga, Kesehatan, Seni Budaya dan Keterampilan, ditemui beberapa SD tidak menerima barang sesuai ketentuan yang ada. Bahkan ada beberapa sekolah terdapat keterlambatan pengiriman barang yang seharusnya dikenakan denda keterlambatan kepada rekanan yang mengerjakan proyek tersebut.

Hal itu disampaikan Sentosa Sinulingga, kepada wartawan di Kabanjahe, Selasa (16/10). Menurut mantan Kasubsi Intel Kejari Kabanjahe itu, berdasarkan laporan masyarakat dan investigasi pihaknya ke lapangan serta Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI, pekerjaan itu dilaksanakan CV MS sesuai kontrak Nomor 78/PPK-DIK/2011 tertanggal 2 Desember 2011 senilai Rp2,05 miliar.

Jangka waktu pelaksanaan selama 18 hari kalender terhitung 2 sd/20 Desember 2011. Pekerjaan telah selesai dilaksanakan  dan dilakukan pembayaran sesuai SP2D tertanggal 27 Desember 2011 senilai Rp1,4 miliar.

Namun di lapangan ditemui kejanggalan, seperti, ada beberapa sekolah diketahui terdapat kekurangan penerimaan barang. Contohnya, SD Negeri di Susuk, baru menerima dua alat olah raga berupa meja tenis dan matras senilai Rp4,6 miliar.

Sedangkan alat peraga lainnya senilai Rp42,04 juta belum diterima seperti alat peraga Matematika Pemula (Dasar), alat peraga matematika (Permainan), alat peraga IPA, alat peraga KIT  Ilmu Pengetahuan Bumi dan Anariksa, Alat Peraga Simulase Fase Bulan, KIT IPS, KIT Gejala Alat, KIT Bentang Alam, KIT Bahasa Indonesia Interaktif Dasar, KIT Bahasa Inggris, Alat Peraga Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan dan Alat Peraga Seni Budaya dan Keterampilan.

Politisi Gerindra ini menambahkan, ada juga SDN 040467 Lingga belum menerima tiga alat peraga seni budaya dan keterampilan berupa gitar akustik, SDN 040832 Lingga belum menerima tiga alat peraga seni budaya dan keterampilan berupa gitar akustik, SDN 040516 Tigajumpa belum menerima tiga alat peraga seni budaya dan keterampilan berupa gitar akustik.

Selain itu, ada juga beberapa SD terlambat pengiriman barang sehingga seharusnya dikenakan denda keterlambatan kepada rekanan. Seperti SDN 047171 Susuk, barang diterima pada bulan Maret 2012, SDN 040467 Lingga, barang baru diterima pada bulan Maret 2012 dan SDN 040458 Berastagi barang diterima pada 10 Januari 2012.

Berdasarkan proses pengiriman  alat peraga diketahui bahwa pihak sekolah tidak menerima daftar barang sehingga pihak sekolah tidak dapat memeriksa jenis-jenis barang yang seharusnya diterima, sehingga tidak mengetahui apabila terdapat kekurangan barang.

Malah, ada sejumlah pihak sekolah juga tidak menerima bukti serah terima barang karena pada saat pengiriman barang, tanda terima langsung dibawa kembali oleh pengantar barang. Artinya, dalam penyaluran barang yang pendanaanya ditampung dalam APBD Karo TA 2011 tersebut kental nuansanya ketertutupan, sehingga rentan penyimpangan, beber Sinulingga sembari mengaku DPRD Karo tidak akan tinggal diam menyikapi penyimpangan pengadaan alat peraga tersebut.

Ketika hal itu dikonfirmasi kepada Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Sastra Tarigan, melalui telepon selulernya, Selasa, mengaku, baru dua bulan dipercaya menjabat sebagai Plt Kadis Diknas. “Supaya jelas, tolong konfirmasikan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kasta Berahmana,” ujarnya.(Andalas)

Advertisements
Categories: hukum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: