Home > Pendidikan > Peran Dewan Pendidikan Karo Semakin Strategis

Peran Dewan Pendidikan Karo Semakin Strategis

Logo Dewan Pendidikan (suaramedianasional)

Dewan Pendidikan merupakan organisasi masyarakat pendidikan yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Dewan Pendidikan yang dibentuk dapat dikembangkan secara khas dan berakar dari budaya, demografis, ekologis, nilai kesepakatan, serta kepercayaan yang dibangun sesuai potensi daerah setempat.

Oleh karena itu, Dewan Pendidikan yang dibangun harus merupakan pengembangan kekayaan filosofis masyarakat di daerah secara kolektif. Artinya, Dewan Pendidikan mengembangkan konsep yang berorientasi kepada pengguna (client model), berbagai kewenangan (power sharing and advocacy model) dan kemitraan (partnership model) yang difokuskan pada peningkatan mutu pelayanan pendidikan di daerah.

Fungsi lembaga ini sangat strategis sebagai langkah alternatif dalam mengupayakan perolehan dukungan masyarakat untuk sektor pendidikan dengan menumbuhkan keberpihakan konkret dari semua lapisan masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Hal tersebut dikatakan Plt Kadisdiknas Kabupaten Karo, Drs Sastra Tarigan MPd di ruang kerjanya, Rabu (17/10) sore, ketika dimintai tanggapannya tentang keberadaan Dewan Pendidikan Kabupaten Karo yang periodesasinya sudah berakhir Mei 2012.

Menurut Sastra Tarigan,  dalam UU Sisdiknas No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional telah diatur fungsi Dewan Pendidikan yakni mendorong tumbuhnya perhatian dan komitment masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu disamping memberikan masukan, pertimbangan /rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk menetapkan kebijakan dan program pendidikan.

Untuk itu, katanya menjelaskan, mengingat tugas dan fungsi yang sangat kompleks dalam pendidikan memerlukan pemikiran yang matang dan bijaksana agar mutu pendidikan di Kabupaten Karo dapat ditingkatkan melalui kerjasama yang sinergis antara pemerintah dengan dewan pendidikan.

Di samping itu juga, Dewan Pendidikan berperan sebagai pengontrol dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan, serta sebagai mediator antara pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan masyarakat.

Dikatakannya, mengingat keberadaannya sebagai Pelaksana Tugas masih baru, menurut Sastra Tarigan, pihaknya masih belum bisa berbuat banyak termasuk untuk membentuk kepengurusan dewan pendidikan Kabupaten Karo yang baru.

Tentang keberadaan dewan pendidikan itu sendiri dalam kancah dunia pendidikan, diakuinya bahwa keberadaan dewan pendidikan itu sendiri sangatlah dibutuhkan. “Hanya saja mengingat situasi, belum bisa dilaksanakan, bersabar dululah, nanti akan saya pelajari dulu,” ujarnya.

Sekadar mengingatkan, mutu Pendidikan Kabupaten Karo pada 2012 menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya terlihat dari persentase kelulusan dan perolehan nilai ujian nasional (UN) TA 2011-2012.

Pada tahun sebelumnya untuk tingkat SMP/MTs dari peringkat 23 se Sumut, naik menjadi peringkat 11 dengan tingkat kelulusan 99,98% untuk SMP dan 100% untuk MTs serta nilai rata-rata 7,85 hingga 8,13 sementara untuk tingkat SLTA dari peringkat 22 menjadi peringkat 17 di Sumut sementara untuk tingkat SD juga mengalami kenaikan.

Terkait akan kenaikan peringkat kelulusan  maka peningkatan perolehan nilai juga mengalami perubahan yang signifikan mencapai 9.57 untuk SMP atau peringkat 11 se Sumatera utara dan untuk MTS perolehan nilai  8,92 atau peringkat 26 se Sumut.

Untuk itu, agar peringkat tersebut dapat ditingkatkan atau minimal dipertahankan, maka keberadaan dewan pendidikan sangatlah strategis dalam menampung dan menganalisis aspirasi, pandangan, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan masyarakat.(Andalas)

Categories: Pendidikan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: