Home > Sinabung > Pengungsi Sinabung Terlantar di Emperan Rumah Warga

Pengungsi Sinabung Terlantar di Emperan Rumah Warga

Kondisi Sinabung terpantau dari Desa Berastepu (Endro Lewa)

Kondisi Sinabung terpantau dari Desa Berastepu. Hingga saat ini sebagian warga masih mengungsi menunggu relokasi ke  Kawasan Siosar. (Endro Lewa)

KABANJAHE: Pria tua ditemukan warga tergeletak lemah di Jalan Dja­min Ginting, tepatnya di ha­laman depan warnet Fianet, depan Gang Berahmana Ka­ban­jahe, Kabupaten Karo, Se­nin (8/9).

Menurut data yang ada di KTP dan Kartu Keluarga, diketahui dia merupakan seorang pengungsi Sinabung bernama Lamlam Sem­biring berasal dari Desa Simacem Ke­cama­tan Naman Teran, salah satu desa di lereng Gunung Sinabung  yang akan direlokasi ke kawasan Siosar Keca­matan Merek.

Lamlam kelahiran Brandan 54 tahun lalu ini, pasien RSU Kabanjahe yang dirujuk ke RSUP H Adam Malik Medan pada 23 Juli 2014, karena didiagnosa mengalami pe­nyakit langka bernama bu­erger disease, sebuah penya­kit akibat penyempitan pem­buluh darah.

Menurut penuturan bebe­rapa warga yang ditemui war­tawan,  awalnya Lamlam duduk di bangku depan warnet sehingga warga mengira dia keluarga pemilik warnet yang kebetulan belum buka karena  listrik padam. Tetapi, setelah melihat dia tergeletak di lantai baru warga heboh.

“Awalnya saya tidak tahu kalau bapak ini pengungsi yang terlantar dan menderita sakit. Saya kira dia keluarga dari salah satu anak kost di tempat ini,” ujar Br Karo, warga setempat.

Melihat kondisi Lamlam semakin lemah, beberapa wartawan yang biasa mangkal di warnet menghubungi  Ke­pala Dinas Sosial Kabupaten Karo, Sastra Tarigan agar   mengevakuasi Lamlam ke rumah sakit terdekat.

Tetapi setelah ditunggu berjam-jam Dinas Sosial tidak kunjung datang, sehingga untuk meng­evakuasi Lamlam ke RSU Kabanjahe untuk menda­pat­kan perawatan, terpaksa meng­gunakan mobil salah seorang masyarakat yang iba melihat kondisinya yang se­makin lemah. (Analisa)

Advertisements
Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: