Home > Pemerintahan > Plt Bupati Karo Jangan Ragu Lakukan Terobosan

Plt Bupati Karo Jangan Ragu Lakukan Terobosan

Terkelin Brahmana (Andalas)

KABANJAHE: Kemajuan satu daerah ditentukan oleh seorang pemimpin yang ada di wilayah tersebut. Bagaimana seorang pemimpin dapat memperjuangkan daerahnya melalui berbagai gagasan yang inovatif, kreatif dan selalu peka dengan penderitaan rakyatnya.

“Untuk itu, Plt Bupati Karo, Terkelin Berahmana SH diminta jangan ragu lakukan terobosan pembangunan,”kata anggota DPRD Karo, Sentosa Sinulingga SH dan praktisi pembangunan dan demokrasi, Cuaca Bangun SE Ak SH MSi secara terpisah kepada andalas, Senin (8/9) di Kabanjahe.

Caranya, harus banyak melakukan terobosan serta melakukan usulan-usulan kepada pemerintah atasan tentang apa yang dibutuhkan daerahnya. Banyak daerah lambat berkembang dan tertinggal, karena kurangnya pendekatan-pendekatan yang dilakukan pemimpinnya baik kepada masyarakat sendiri maupun kepada pemerintah provinsi dan pusat.”Bagaimana daerah dapat bantuan dari pemerintah atasan, bila usulan tidak pernah disampaikan,”kata Sentosa.

Disebutkan, sehebat apapun pimpinan bila tanpa dukungan masyarakat, pemimpin tak mampu bekerja sendiri, dan pembangunan takkan dapat dilaksanakan dengan baik. Kekuasaan sesungguhnya adalah pelayanan, yakni melayani rakyat yang mempercayakan kekuasaan itu kepada yang bersangkutan. Sayangnya, pada saat sekarang ini, kondisi tersebut mulai tergerus sama sekali. Dewasa ini banyak pejabat lebih senang dilayani.

Hal senada dikatakan Cuaca Bangun. Plt Bupati Karo, Terkelin Berahmana SH harus sadar tiga tahun belakangan, daerah ini semakin jauh tertinggal. Keterpurukan daerah ini selama tiga tahun termasuk juga ‘dosa’ Terkelin Berahmna selaku wakil bupati saat itu. Paling parah, infrastruktur jalan baik perkotaan maupun pedesaan sebagai urat nadi perekonomian warga, termasuk membangkitkan kembali gairah seluruh aparatur PNS Pemkab Karo sebagai dream team.

Demikian juga kesemrawutan kota Kabanjahe dan Berastagi. Bupati Karo harus berani lakukan terobosan dalam hal penataan kota. Mulai dari penertipan PKL, penggunaan trotoar, pemindahan Tempat Penampungan Sementara (TPS) eks korban kebakaran yang berada di jalan Letnan Mumah Purba dan Abdul Kadir dan mensegerakan pembangunan Pusat Pasar yang lebih modern.

“Pembangunan sejumlah infrastruktur berbasis pertanian di pedesaan, termasuk penanganan pengungsi dan relokasi total tiga desa zona merah Sinabung, warga pengungsi perlu kepastian,”katanya.

Lebih jauh dikatakan, euforia kemenangan sudah saatnya diakhiri, rakyat butuh bukti. Visi yang sudah dicanangkan harus menjadi roh pembangunan. Visi pemerintahan sekarang perlu dipertanyakan, terwujudnya masyarakat Karo yang makmur dan sejahtera berbasis pertanian dan pariwisata yang berwawasan lingkungan. Sementara dalam tiga tahun belakangan sektor pertanian dan pariwisata masih jauh dari harapan. Intinya, banyak PR, yang butuh kerja cepat, fokus dan terarah.

“Dengan adanya kepekaan terhadap lingkungan dapat melahirkan kesadaran, konsep, perencanaan yang akhirnya menimbulkan partisipasi masyarakat dalam hal kepedulian terhadap lingkungan,”kata Cuaca Bangun.

Tiga tahun di bawah bayang-bayang mantan Bupati Kena Ukur Surbakti, Terkelin harusnya sudah banyak belajar. Sehingga tidak ada lagi alasan belajar atau beradaptasi dengan seluruh jajarannya. Terkelin Berahmana SH harus berani melawan sistem yang korup, peka akan penderitaan rakyat. Blusukan ke sentra-sentra pertanian, maupun mengunjungi hasil-hasil pembangunan APBD, bagaimana kualitasnya di lapangan.

Plt Bupati Karo harus konsentrasi membangun daerah ini, termasuk memenuhi janji-janji politiknya dulu saat Pilkada, jangan mudah dipengaruhi bisikan-bisikan orang-orang disekelilingnya, yang memiliki motivasi tersendiri demi keuntungan pribadi dan kelompoknya.

“Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mempunyai ide-ide cemerlang sehingga dapat memberikan terobosan-terobosan yang baru dan segar, cemerlang bagi suatu paradigma perubahan,”ujarnya. (Andalas)

Categories: Pemerintahan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: